Mengagumi Warisan Budaya Jabar Lewat Tari Wayang | Breaktime
Mengagumi Warisan Budaya Jabar Lewat Tari Wayang
02.01.2017

B’Timers, berapa banyakkah tarian tradisional yang Anda kuasai, atau paling tidak Anda hapal? Indonesia adalah negara yang kaya akan Sumber Daya Manusia yang terdiri dari berbagai macam suku yang tersebar di seluruh wilayah pulau. Terdapat kurang lebih 485 jenis tarian di Indonesia, dan salah satunya adalah Tari Wayang yang berasal dari Jawa Barat.

Apakah Anda tahu? Seperti namanya, tari wayang adalah jenis tari yang gerakan dasar serta gerak inti diambil dari penokohan wayang-wayang Jawa. Tari khas Pulau Jawa ini menggambarkan tentang penokohan wayang serta jabatan-jabatan yang mereka pinggul dalam cerita-cerita wayang. Bagi Anda penggemar perwayangan, Anda dapat dengan mudah mengetahui ciri-ciri utama dari tari wayang ini yaitu dari:

  • Penggambaran tokoh-tokoh wayang ternama yang diwujudkan dalam jenis tarian wayang, antara lain Tari Adipati Karna, Tari Jayengrana, Tari Gatotkaca, dan lain-lain. Sedangkan jenis tarian wayang yang menggambarkan tokoh wayang dari sudut pandang jabatan, antara lain Tari Badaya.
  • Tari Wayang juga memiliki ciri khas yang sangat unik. Pemeran wayang-wayang tersebut turut memasukkan watak si tokoh wayang yang ia perankan melalui gerakan tarian. Sebagai contoh, pada gerakan Tari Srikandi yang berduet dengan Mustakaweni didominasi dengan gerakan-gerakan tarian yang energik dan ceria, sedangkan bagi pembawa Tari Gatotkaca, mereka mencerminkan watak Gatotkaca yang keras dan tegas.
  • Tidak seperti tarian-tarian pada umumnya yang mengenakan kostum tari yang nyaris seragam, pembawa Tarian Wayang mengenakan pakaian yang berbeda dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri.
  • Dalam penyajiannya, Tari Wayang terbagi atas tiga jenis adegan.  Yaitu tari tunggal yang dilakukan oleh satu individu dan mengisahkan kisah dari seorang tokoh perwayangan tersebut. Jenis kedua adalah tari berpasangan yang dibawakan oleh dua orang dan menggambarkan interaksi antara dua tokoh wayang, dan yang terakhir adalah tari kelompok yang dibawakan oleh sekelompok penari dan menyimbolkan tokoh perwayangan dengan status sosial yang sama.

Ternyata, Tari Wayang memang sangat menarik ya, B’Timers! Yuk, sama-sama melestarikan kebudayaan tarian tradisional! (dkp)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE