Menelisik Sejarah Tari Merak Tanah Pasundan | Breaktime
Menelisik Sejarah Tari Merak Tanah Pasundan
07.12.2016

Tanah Pasundan punya banyak kesenian tradisional yang eksotis. Salah satunya adalah tari merak. Tarian ini adalah kesenian tradisional khas Jawa Barat yang diciptakan oleh tokoh seni Jawa Barat Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950. Nah, untuk lebih jelasnya tentang tari merak Breaktime telah merangkum dalam ulasan berikut ini, simak yuk!

Bagaimana sejarah tari merak?

Seperti yang telah disampaikan bahwa tari merak telah ada sejak tahun 1950 dan diciptakan oleh salah satu tokoh seni tradisional Jawa Barat. Raden Tjetjep rupanya terinspirasi dari gerak dan keindahan burung merak.

Tetapi yang perlu B’timers ketahui dari gerakan dan keindahan tari merak ini ternyata terinspirasi dari merak jantan. Seperti yang Anda ketahui bahwa merak jantan selalu mengembangkan keindahan bulu ekornya untuk menarik perhatian merak betina.

Apa, sih yang jadi ciri khas tari merak?

Setiap kesenian daerah pasti punya ciri khas tersendiri yang unik. Tari merak khas Jawa Barat ini pun juga demikian. Ciri khas ditampilkan pada kostum para penari. Mereka akan menggunakan selendang yang diikat di bagian pinggang yang memiliki corak seperti ekor burung merak. Wah, keren!

Menelisik Sejarah Tari Merak Tanah Pasundan | Breaktime
Lenggak-lenggok tari merak khas Tanah Pasundan

Kapan tari merak ditampilkan?

Tari merak ini dilakukan minimal oleh tiga penari dan masing-masing penari akan berperang sebagai merak jantang dan betina.

Tarian ini biasanya ditampilkan  pada acara-acara tertentu. Seperti pada upacara adat mapag penganten yang sudah menjadi tradisi dalam upacara pernikahan tradisional Tanah Pasundan.

Keren, kan B’timers. Jadi ini menjadi tugas kita sebagai generasi muda, khususnya para anak muda di Jawa Barat untuk terus melestarikan tari merak yang memiliki nilai seni tinggi ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE