Mendaki Puncak Gunung Menuju Yen Tu | Breaktime
Mendaki Puncak Gunung Menuju Yen Tu, Pagoda Tertinggi di Vietnam
04.06.2016

Destinasi wisata di Vietnam bagian utara tidak hanya sekitar Hanoi, Halong Bay, atau dataran tinggi Sapa. B'timers juga bisa merasakan wisata budaya, religi, sekaligus wisata alam dalam satu tempat di Pagoda Yen Tu.

Pagoda Yen Tu terletak di gunung dengan nama yang sama di kawasan Pegunungan Don Trieu, wilayah Uong Bi, provinsi Quang Ninh. Dari ibukota Hanoi, wisatawan yang menuju lokasi ini menempuh perjalanan sekitar empat sampai lima jam dengan bis, mobil, atau sepeda motor.

Untuk menuju Pagoda Yen Tu, wisatawan harus melakukan pendakian setinggi 750 meter dengan waktu tempuh normal sekitar tiga jam. Rute pendakian sudah berupa anak tangga yang terbuat dari batu dan terdapat banyak pos peristirahatan lengkap dengan toilet serta penjual makanan dan minuman.

Mendaki Puncak Gunung Menuju Yen Tu | Breaktime
Ribuan pengunjung memadati Pagoda Yen Tu saat festival musim semi

Berada di puncak gunung dengan ketinggian 1.068 di atas permukaan laut, Yen Tu merupakan pagoda tertinggi di Vietnam dengan pemandangan yang menakjubkan di sekelilingnya. Saat cuaca cerah, B'timers bisa melihat keindahan Halong Bay dan sungai Bach Dang dari Pagoda Yen Tu.

Pagoda Yen Tu dikelilingi enam menara yang sangat besar, salah satu menara terbesar dibuat untuk Raja Tran Nhan Tong. Menurut sejarah, ia adalah raja yang meraih kemenangan atas pasukan Mongol pada tahun 1287 dan kemudian mendaki Pagoad Yen Tu untuk bertapa hingga akhir hayatnya pada tahun 1299.

Puncak kunjungan ke Pagoda Yen Tu adalah setiap akhir musim dingin dan menjelang musim semi, yaitu sekitar awal Februari hingga Tahun Baru Penanggalan Bulan atau orang Vietnam menyebutnya sebagai Tet. Pada periode ini digelar Festival Yen Tu, dimana ribuan orang Vietnam yang mayoritas memeluk Buddha mendaki gunung Yen Tu dan berdoa di pagoda yang berada di puncak gunung.

Mendaki Puncak Gunung Menuju Yen Tu | Breaktime
Kolam keberuntungan yang berada di lereng gunung Yen Tu

Wisatawan yang ingin cepat sampai ke puncak bukit bisa menuju Pagoda Yen Tu dengan fasilitas kereta gantung. Selain pagoda utama di puncak bukit, kompleks Pagoda Yen Tu juga memiliki sejumlah taman, air terjun, kolam alami, dan beberapa pagoda kecil di sekitarnya.

Dengan pemandangan yang unik, arsitektur, budaya dan sejarah, Pagoda Yen Tu dan kawasan di sekitarnya telah diakui sebagai cagar budaya Vietnam dan telah disiapkan untuk masuk dalam salah satu World Heritage Site UNESCO.

Mendaki Puncak Gunung Menuju Yen Tu | Breaktime
Pagoda Yen Tu di puncak gunung ini masuk dalam kandidat Situs Warisan Dunia UNESCO

Kota terdekat dengan kawasan Pagoda Yen Tu adalah Uong Bi. Tidak banyak pilihan hotel di kota kecil ini sehingga wisatawan biasanya melakukan perjalanan dari Hanoi atau pusat kota Quang Ninh.

Untuk kuliner, menu khas kawasan ini adalah Pho dan Bun (semacam bihun) dengan tambahan rebung bambu yang bertekstur lembut dan kenyal. Karena banyak mengandung sayuran, kuliner Yen Tu sangat cocok bagi vegetarian atau mereka yang sedang melakukan program diet. (ZA)

Share This Article