Mapasilaga Tedong Atraksi Adu Kerbau dari Toraja | Breaktime
Mapasilaga Tedong, Atraksi Adu Kerbau dari Toraja
05.09.2016

Tana Toraja, sebagai salah satu destinasi menarik  Indonesia adalah. Menawarkan keberagaman warna dan budaya, tidak sedikit wisatawan yang memilih untuk datang mengunjungi Tana Toraja, B’timers. Di saat diadakan upacara unik, Tana Toraja tak hanya kedatangan turis lokal, turis asing juga merasa sangat tertarik dengan budaya di sini. Salah satu atraksi yang dianggap sangat menarik karena keseruannya adalah Mapasilaga Tedong. Seperti apa, B’timers?

Mapasilaga Tedong Atraksi Adu Kerbau dari Toraja | Breaktime
Adu kerbau menjadi magnet untuk wisatawan asing

Tradisi unik para leluhur Tana Toraja saat upacara pemakaman

Anda masih ingat dengan Upacara Adat Rambu Solo, atau ritual penghormatan terakhir bagi orang yang meninggal dunia di Tana Toraja, B’timers? Nah, yang membuat upacara tradisi masyarakat Toraja adalah karena pada puncaknya, digelar Atraksi Mapasilaga Tedong. Hmm, seseru apa, ya, atraksi yang satu ini sampai begitu banyak wosatawan yang datang demi menyaksikannya?

Puluhan kerbau yang akan diadu dibariskan di sebuah lapangan di mana tempat upacara dilangsungkan. Setelah itu mereka diarak dengan dipimpin oleh kelompok yang membawa gong, umbul-umbul dan tak ketinggalah sejumlah wanita atau keluarga dari yang ditinggalkan. Kerbau akan diarak ke lapangan di pemakaman. Irama musik yang mengiringi datang dari wanita yang bergantian menumbuk lesung.

Mapasilaga Tedong Atraksi Adu Kerbau dari Toraja | Breaktime
Serunya aduan kerbau di lapangan berlumpur

Adu kerbau di lapangan berlumpur yang makin bikin seru atraksi

Para kerbau nantinya diadu di sebuah sawah luas yang berlumpur. Atau bisa juga di lapangan berumput, B’timers. Uniknya, kerbau yang digunakan dalam Mapasilaga Tedong bukanlah jenis yang sembarangan. Ada 3 jenis kerbau yang boleh diadu, yaitu kerbau bule atau albino, kerbau salepo yang memiliki bercak hitam di punggung dan kerbau lumpur.

Siap merasakan keseruan adu kerbau seperti adu banteng yang ada di Spanyol, B’timers? (NO)

Share This Article