‘Penculikan’ Legal Berujung Perkawinan Di Lombok | Breaktime
‘Penculikan’ Legal Berujung Perkawinan Di Lombok
16.12.2016

Perkawinan di Indonesia memiliki tradisi yang unik. Salah satunya adalah tradisi kawin culik khas Suku Sasak Lombok. Ketika Anda mendengar kata-kata tersebut, Anda pasti melongo dan bertanya-tanya. Tradisi kawin culik di Lombok pun disebut dengan merari. Kawin culik ini dilakukan beberapa hari sebelum hari-H pernikahan.

Tradisi kawin culik ini telah dilakukan sejak zaman raja-raja Lombok. Menurut cerita yang beredar di masyarakat, dahulu kala ada seorang putri cantik yang membuat banyak lelaki ingin sekali meminangnya. Namun, sang Raja memberikan tantangan pada para laki-laki yang ingin meminang sang Putri. Tantangannya adalah sang Pria harus menculik sang Putri di sebuah ruangan yang dijaga sangat ketat.

Berkat tantangan tersebut, hingga saat ini kawin culik menjadi sebuah tradisi khas Suku Sasak yang dilakukan turun-temurun. Dan tradisi ini tidak dilakukan dengan sembarangan. Tentunya sudah ada persetujuan dan perjanjian dari kedua calon mempelai. Eits, perjanjian ini bersifat rahasia, jadi yang tahu hanya kedua calon mempelai dan beberapa kerabat.

‘Penculikan’ Legal Berujung Perkawinan Di Lombok | Breaktime
Tradisi kawin culik yang dilegalkan, nih! (All photo by Google)

Setelah itu, sang wanita akan dibawa ke rumah salah satu kerabat pria selama beberapa hari. Kedua orang tua wanita pun tidak khawatir, namun mereka akan segera lapor ke lembaga adat.

Setelah beberapa hari, sang pria akan mengunjungi rumah wanita dan mengatakan bahwa telah melakukan kawin culik. Setelah itu, melakukan pertemuan antar dua keluarga dan menentukan kapan pernikahan akan digelar.

Nah, ada lagi yang menarik tentang apakah keluarga wanita menerima pinangan atau menolaknya. Kaki calon pengantin pria akan dibasuh dengan air sirup atau kelapa yang artinya lamaran diterima. Jika lamaran ditolak, maka kaki pria akan dibasuh dengan air tajin.

Keren, kan tradisi pernikahan khas Suku Sasak ini? Meskipun terdengar aneh, tetapi setiap hal dalam tradisi ini memiliki makna yang dalam, lho. Jadi, kalau punya pacara anak Lombok, siap-siap untuk menculiknya, ya B’timers. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
CELEBES
TRAVEL GUIDE