Lompat Batu Nias, Tradisi Unik Tanda Kedewasaan | Breaktime
Lompat Batu Nias, Tradisi Unik Tanda Kedewasaan
15.08.2016

Apa yang Anda lakukan sebagai tanda sudah menginjak usia dewasa, nih, B’timers? Pesta ulangtahun dan mengundang semua teman dan kerabat. Hmm, itu adalah hal yang kekanakan, sih. Karena di Nias ada upacara seru nan unik untuk menunjukkan tingkat kedewasaan seseorang, lho. Namanya adalah Fahombo, B’timers. Wah, seperti apa ya, ceritanya?

Lompat Batu Nias, Tradisi Unik Tanda Kedewasaan | Breaktime
Selain Lompat Batu, tarian adat Nias juga mempesona!

Sejarah tradisi Lompat Batu Suku Nias

Masyarakat Pulau Nias sudah melakukan tradisi unik ini selama berabad-abad, lho. Dan sampai saat ini masih dilakukan secara turun temurun. Konon Lompat Batu sudah dikenal sejak zaman megalitikum. Di mana setiap anak laki-laki yang berusia 7 tahun akan dilatih melompat setinggi tingginya. Ketika dirasa waktunya sudah tepat, mereka harus melompati tumpukan batu dengan tinggi 2 meter.

Lompat Batu ini menjadi pengukur kedewasaan dan keberanian seorang pria yang menjadi keturunan pejuang Nias, B’timers. Well, pada awalnya, tradisi Fahombo atau Hombo Batu dari Nias muncul karena kebiasaan perang antar suku, B’timers. Mereka tinggal di wilayah yang dikelilingi benteng dengan tinggi 2 meter. Nah, untuk bisa masuk ke daerah pertahanan lawan, keahlian ini harus dimiliki semua pejuang.

Lompat Batu Nias, Tradisi Unik Tanda Kedewasaan | Breaktime
Bisa tidak melompati batu tanpa menyentuh, B’timers?

Tradisi yang menjadi daya tarik wisata

Untungnya saat ini tradisi suku yang mendiami Pulau Nias tidak lagi digunakan sebagai seni berperang. Karena keseruan dari acara Lompat Batu, NIas menjadikan Fahombo sebagai daya tarik wisatawan, nih. Ada banyak nilai yang terkandung dari Lompat Batu khas Nias ini, B’timers. Salah satunya adalah nilai kebersamaan. Karena setiap upacara kedewasaan ini digelar, maka saatnya seluruh warga berkumpul.

Hayo, Anda berani tidak ikut Lompat Batu di Nias, B’timers? Coba berlatih dulu dengan lompat tali, ya? (NO)

Share This Article