Lisung Ngamuk, Seni Tradisional Sejuta Makna | Breaktime
Lisung Ngamuk, Seni Tradisional Sejuta Makna
21.08.2016

Indonesia memang memiliki kebudayaan dan ciri khas yang beragam di masing-masing daerahnya. Masyarakat Indonesia banyak yang masih memegang teguh budaya dan ciri khas daerah mereka. Selain budaya yang beragam, masing-masing daerah di Indonesia juga memiliki kesenian tradisional yang menarik. Salah satunya adalah kesenian tradisional khas Sukabumi, yaitu Lisung Ngamuk.

Kesenian Lisung Ngamuk ini sering ditampilkan dalam acara-acara kesenian daerah maupun event-event lain. Di kota Sukabumi masih ada padepokan yang menjaga kesenian ini, yaitu Padepokan Silat Maung Bodas.

Lisung Ngamuk memiliki filosofi tentang kehidupan di dunia yang saling berhubungan. Lisung ini memiliki tiga lubang. Lubang yang paling besar melambangkan Tuhan. Lubang yang berada di depan diibaratkan sebagai seorang pemimpin dan lubang yang terakhir atau bagian belakang diibaratkan sebagai rakyat. Jika rakyat dan pemimpin tidak lagi memegang aturan Tuhan maka dunia akan kacau. Intinya, jika ketiga lubang itu tidak sinkron, maka kehidupan dunia juga akan berantakan.

Lisung Ngamuk, Seni Tradisional Sejuta Makna | Breaktime
Kesenian Lisung Ngamuk Khas Sukabumi

Dalam permainan Lisung Ngamuk ini terdapat 5 orang sebagai penopang dan ada satu orang yang memegang tali di depan. Maksud dari kegiatan itu adalah jika tali lisung itu terlepas maka dia akan bergerak tanpa aturan. Itu dilakukan secara bergantian untuk menjaga keseimbangan lisung tersebut.

Lisung Ngamuk yang dilestarikan oleh Padepokan Silat Maung Bodas juga menjadi penampil di acara pembukaan World Rafting Champion yang diselenggarakan di Alun-alun Pelabuhan Ratu, Kabupaten Sukabumi.

Keanekaragaman seni dan budaya semoga bisa tetap lestari, ya B’timers. Jadi, jangan sampai tergilas oleh teknologi seiring perkembangan zaman. Yuk, kita sebagai generasi muda bangsa Indonesia sudah sepantasnya untuk bergerak menjaga dan melestarikan warisan seni dan budaya Indonesia. (vpd)

Share This Article