Liburan Sehari Di Kupang, Mampir Kesini Saja! | Breaktime
Liburan Sehari Di Kupang, Mampir Kesini Saja!
23.11.2017

Sebagai ibu kota propinsi Nusa Tenggara Timur, Kupang memiliki sederet obyek wisata yang menarik dikunjungi. Apa saja? Perjalanan ke Kupang saya tempuh dalam penerbangan dua jam dari Surabaya. Terbang pagi hari dan duduk di window seat membuat saya bisa melihat pemandangan Gunung Ijen, Pulau Bali dan Gunung Agung, Gunung Rinjani dan Pulau Lombok, serta Pulau Sumbawa dari kabin pesawat.

Meskipun menyandang predikat ibu kota provinsi, pamor Kupang sebagai destinasi wisata masih kalah dari Labuan Bajo dengan Pulau Komodo, Ende dengan Danau Kelimutu, bahkan Sumba dengan pesona alam perbukitannya.

Kupang sendiri terkenal sebagai kota transit menuju kota-kota lain di Nusa Tenggara Timur seperti Alor, Rote, Atambua, Ende, dan Sumba. Kali ini pun saya berkunjung ke Kupang dalam rangka transit sebelum menuju Alor dan Rote. Meskipun hanya transit satu malam di Kupang, ada beberapa spot menarik yang bisa dikunjungi di kota terbesar Nusa Tenggara Timur di Pulau Timor ini. Berikut lima di antaranya.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tak Melulu Belanja, Singapura Juga Punya Pantai
Liburan Sehari Di Kupang, Mampir Kesini Saja! | Breaktime
Goa Kristal di Kupang, kolam air payau di dalam goa batuan karang

Goa Kristal

Setiba di Kupang, kita akan "disambut" oleh cuaca panas dan terik. Untuk mendinginkan suasana, Goa Kristal adalah pilihan yang tepat, lokasinya berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari bandara El Tari, tepat di samping Pelabuhan Bolok. Goa ini memiliki air payau yang bening dan menyatu dengan laut pada salah satu lobang di sisi goa. Berhati-hatilan saat berenang karena batu yang licin dan kedalaman air yang tidak rata.

Taman Nostalgia dan Gong Perdamaian

Seperti halnya kota-kota besar yang identik dengan taman kota, Kupang punya Taman Nostalgia sebagai tempat berkumpul muda-mudi. Taman ini memiliki tatanan yang menarik dan suasana sejuk di tengah panasnya cuaca kota Kupang. Tepat di ujung timur taman terdapat sebuah monumen Gong Perdamaian sebagai lambang persatuan dan kesatuan Indonesia.

Liburan Sehari Di Kupang, Mampir Kesini Saja! | Breaktime
Sei merupakan kuliner paling ramai dikunjungi warga lokal di Kupang

Kuliner Se'i

Belum lengkap ke Kupang tanpa mencicip kuliner yang satu ini. Se'i adalah daging babi asap yang disajikan dengan bumbu pedas dan sup iga babi. Dua warung se'i yang terkenal di Kupang adalah Se'i Aroma dan Bambu Kuning. Bagi traveler yang tidak makan daging babi, tersedia juga se'i dengan bahan daging sapi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Ini, lho, Rahasia Setiap Bandara Ditutupi Karpet
Liburan Sehari Di Kupang, Mampir Kesini Saja! | Breaktime
Deretan pohon Lontar yang berbaris rapi di Pantai Lasiana

Pantai Lasiana

Menjelang senja, Pantai Lasiana menjadi pilihan terbaik untuk menikmati suasana sore hingga matahari tenggelam di kota Kupang. Lokasinya yang tak jauh dari pusat kota membuat pantai ini layak dikunjungi bagi penikmati sunset di Kupang. Pohon-pohon lontar dan kelapa di sekitar pantai menjadikan pemandangan senja dari pantai ini makin eksotis.

Liburan Sehari Di Kupang, Mampir Kesini Saja! | Breaktime
Untuk penggemar seafood, wajib kunjungi Kampung Solor di malam hari

Kampung Solor

Kalau di Labuan Bajo ada Kampung Ujung, di Kupang ada Kampung Solor sebagai pusatnya kuliner seafood pada malam hari. Tenda-tenda kaki limia yang menyajikan menu seafood dan jajanan lokal khas Kupang ini sangat ramai dikunjungi wisatawan dan warga lokal setiap malam. Kalau kamu suka seafood, Kampung Solor wajib dikunjungi untuk bersantap makan malam di Kupang.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tabir Kehidupan Anak Penambang Emas Di Timika

Oesapa

Sudah kenyang di Kampung Solor tapi masih ingin nongkrong dengan suasana santai? Beranjaklah menuju Oesapa, kawasan pinggir pantai yang ramai dengan cafe-cafe pada malam hari. Suara alunan musik yang cukup keras dan suasana tepi pantai menjadi daya tarik Oesapa. Pisang gepe dan jagung manis adalah dua menu yang wajib kamu coba di tenda malam Oesapa.

Masih banyak obyek wisata lain di Kupang seperti Pantai Timor, Pantai Pasir Panjang, hingga Pulau Semau. Tapi untuk transit satu hari dan satu malam, enam destinasi di atas sudah cukup mewakili Kupang menyapa kamu di Indonesia Timur.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE