Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Liburan Ke Rote, Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini
25.11.2017

Pulau Rote berada di bagian selatan Indonesia. Selain wisata khusus tapal batas Nusantara, apa lagi yang menarik dari pulau ini? Ada tiga alternatif transportasi untuk menuju Pulau Rote dari Kupang, ibu kota provinsi Nusa Tenggara Timur. Kapal cepat ditempuh selama satu setengah jam, kapal ferry ASDP selama empat jam, dan pesawat Wings Air selama tiga puluh menit.

Saya memilih pesawat terbang karena selain menghemat waktu, harga tiketnya pun relatif terjangkau, sekitar Rp 250.000 ribu per orang. Tiap hari ada dua penerbangan dari Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Saundale di Rote dengan pesawat ATR.

Setelah mendarat di Rote, ada dua pilihan lokasi penginapan untuk wisatawan, yaitu di kota Ba'a dan Nembrala. Ba'a merupakan kota terbesar di Rote, pusat pemerintahan, dan pusat belanja segala kebutuhan masyarakat Rote dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Sementara Nembrala merupakan kawasan wisata dengan banyak penginapan homestay dan cottage di pinggir pantai.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Destinasi Bawah Laut Singapura Paling Anti-Mainstream

Untuk menikmati seluruh pulau, saya sarankan setidaknya menginap dua malam di Nembrala, sehingga ada dua hari penuh untuk berkeliling Rote. Berikut tempat-tempat wisata yang bisa dikunjungi selama dua hari di Rote.
 

Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Pulau Ndana di bagian selatan Rote, pulau terluar di batas selatan Nusantara

Pulau Ndana

Selama ini Rote dikenal sebagai pulau paling selatan di Indonesia. Tapi sebenarnya tapal batas selatan negeri kita ada di Pulau Ndana, lokasinya tepat di selatan Rote. Pulau Ndana bisa dikunjungi dengan sewa perahu motor nelayan dari Nembrala dan Oeseli. Pulau Ndana tidak berpenghuni, hanya ada sejumlah prajurit Marinir dan TNI AD di pos jaga Pulau Ndana. Wisatawan tetap bisa berkunjung ke pulau ini dengan terlebih dahulu mengisi buku tamu di pos jaga.

Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Pantai Nembrala, pasir putih dan ombaknya terkenal di kalangan surfer mancanegara

Nembrala

Nembrala ibarat Pantai Kuta-nya Rote, tentunya dengan fasilitas sederhana layaknya pulau-pulau di perbatasan Nusantra. Banyak wisatawan asing menginap di Nembrala karena di lokasi ini banyak tersedia penginapan homestay, cottage, toko kebutuhan sehari-hari, pasar ikan, dan warung makan. Pantai di Nembrala terkenal sebagai penghasil rumput laut dan kerang.

Pantai Bo'a

Sekitar satu kilometer dari Nembrala, terbentang pantai landai dengan ombak besar bergulung-gulung yang ramai wisatawan asing bermain surfing. Pantai Bo'a memang menjadi spot favorit penggemar surfing, bahkan kerap menjadi lokasi turnamen surfing internasional.

Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Panorama pantai, laut, dan batuan karang di Pantai Oeseli, Pulau Rote

Oeseli

Kawasan Oeseli yang lokasinya berada di selatan Pantai Bo'a ini terkenal dengan pantai-pantai dan batuan karang besar sebagai spot foto sunset yang eksotik. Meskipun banyak rumah penduduk di Oeseli, namun tidak banyak penginapan untuk wisatawan seperti halnya di Nembrala.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Menjelajahi Wisata Candi Terkenal di Indonesia

Labirin Pantai Mulut Seribu

Pantai Mulut Seribu terletak di Kecamatan Rote Timur, wisatawan harus sewa perahu untuk menuju lokasi ini. Seperti namanya, batuan karang yang banyak terdapat di lokasi ini membentuk perisai seperti labirin.

Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Di desa pengrajin Sasando, wisatawan bisa bermain alat musik khas Rote

Desa Pengrajin Sasando

Ingat Rote tentu ingat Sasando, alat musik petik yang terbuat dari daun lontar. Wisatawan bisa berkunjung di desa pengrajin alat musik tradisional sekaligus simbol budaya Rote ini yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Pelabuhan Ba'a.

Benteng Alami Pantai Laviti

Pantai Laviti berada di antara dua ujung pulau yang seperti melindungi pantai ini dari laut lepas. Tebing-tebing karang yang runcing dan tajam ibarat benteng alami yang melindungin pulau. Pemandangan di pantai ini cocok bagi penikmat fotografi atau sekedar selfie.

Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Hutan bakau mati di pantai Pelabuhan Landotie, spot fotogenik di selatan Rote

Hutan Bakau Mati Landotie

Hamparan pohon mangrove raksasa setinggi lebih dari 10 meter yang telah kering berdiri kokoh membentuk pemandangan yang unik. Lokasinya tepat di area masuk Pelabuhan Landotie untuk menyeberang ke Pulau Landu, pulau kecil di bagian timur Rote. Hutan bakau yang telah mati ini cocok bagi penggemar foto dan mempostingnya ke Instagram.

Tiang Bendera Zaman Belanda

Sebuah tiang bendera berdiri kokoh di atas batu karang di bagian selatan Pelabuhan Ba'a. Tiang bendera ini didirikan oleh Belanda pada tahun 1942. Saat air laut surut, wisatawan bisa mendekat ke batu karang letak tiang bendera. Lokasi ini kerap disebut sebagai Tanah Lot-nya Rote.

Liburan Ke Rote Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini | Breaktime
Menatap keindahan panorama Pulau Rote dari puncak Bukit Mandoo
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Cegah Satwa Agresif, Lakukan Ini di Pulau Komodo

Tangga 300 Bukit Mando'o

Setelah puas berwisata laut dan pantai, saatnya menikmati keindahan Pulau Rote dari ketinggian. Bukit Mando'o atau Tangga 300 adalah lokasi yang sangat populer untuk trekking ke salah satu puncak Pulau Rote. Dari view point bukit ini terlihat hamparan laut, pantai, dan hutan bakau di bagian selatan Pulau Rote. Sssttt, sedikit iseng saya hitung jumlah anak tangga ke puncak, ternyata lebih dari 300, tepatnya berjumlah 488 anak tangga. Jadi, siapkan tenaga dan bawalah air minum saat mendaki Tangga 300 di Bukit Mando'o.

Pulau Ndana bisa dikunjungi dari Nembrala dengan durasi satu hari atau one day trip dan pada hari berikutnya bisa mengunjungi destinasi-destinasi lain di atas. Sewalah mobil atau sepeda motor karena lokasi antar destinassi cukup jauh bila berjalan kaki. Akses jalan di Pulau Rote sudah cukup bagus untuk dilewati. Selamat berlibur di batas selatan Nusantara.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE