Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini!
06.10.2016

Liburan ke Jepang kini sangat terjangkau di kantong backpacker dengan memanfaatkan tiket promo dan periode low season. Saya pun melakukannya pada September kemarin dengan rute Tokyo, Kyoto, dan Osaka. Pada tulisan ini, saya akan mengulas itinerary tiga hari di Tokyo, B’timers.

Hari pertama

Memilih penerbangan malam adalah salah satu cara menghemat biaya akomodasi, karena Anda bisa bermalam di bandara. Haneda International Airport sangat nyaman untuk istirahat karena traveler boleh tiduran di lantai atas, tepat di sebelah observation deck dengan block letter “Haneda International Airport”. Pagi harinya, Anda bisa mulai menjelajah Tokyo dengan membeli tiket terusan subway di counter terminal kedatangan dengan harga mulai 300 Yen.

Pagi pertama di Tokyo, Anda bisa menuju Kaminarimon dan Kuil Sensoji di Asakusa, hanya lima menit jalan kaki dari stasiun subway Asakusa. Di sini Anda bisa menikmati suasana masa lalu Jepang dengan kuil-kuil yang megah. Pada siang hari, terdapat deretan stand souvenir dan street food di sepanjang pedestrian. Cobain ramen dan okonomiyaki yang sangat enak dan beda rasanya dengan di Indonesia. Harga satu paket ramen biasanya sekitar 750 Yen.

Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Kuil Sensoji yang cukup terkenal di kalangan wisatawan, terletak di dekat Kaminarimon

Setelah makan siang di Asakusa, Anda bisa menuju Akihabara yang terkenal dengan lampu-lampu digital di gedung-gedung pencakar langitnya. Akihabara juga terkenal sebagai pusatnya manga dan anime. B’timers penggemar girl band JKT48? Akihabara wajib dikunjungi karena ini adalah tempat asal lahirnya girlband AKB48. Di sini juga terdapat gedung konser dan cafe resmi AKB48.

Menjelang sore, Anda bisa menuju Tokyo Skytree. Menara setinggi 634 meter yang juga disebut sebagai The New Tokyo Tower ini menawarkan pemandangan menarik dan romantis saat senja dan malam hari, dengan lampu warna-warni dan taman di sepanjang sungai. Untuk menuju Tokyo Skytree, Anda bisa naik subway dan turun di stasiun Oshiage.

Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Tokyo Skytree, landmark kota Tokyo setelah Tokyo Tower

Hari Kedua

Setelah sarapan pagi, Anda bisa menuju Odaiba untuk berfoto dengan latar belakang Patung Liberty ala Tokyo. Jalan kaki 15 menit dari kawasan Patung Liberty ini, Anda akan bertemu dengan Patung Gundam raksasa di Diver City Tokyo Plaza.

Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Patung Liberty ala Jepang di Odaiba, Tokyo

Dari kawasan Odaiba, Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan subway menuju Meiji Jingumae untuk mengunjungi Harajuku, kawasan yang terkenal dengan dandanan nyentrik ala anak  muda Jepang. Jalan kaki sekitar 15 menit dari Harajuku, Anda bisa mengunjungi Kuil Meiji Jingu. Dengan suasana hutan pinus dan pohon-pohon Sakura, kuil ini tentunya akan sangat indah dikunjungi saat musim semi dan gugur.

Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Patung Gundam, salah satu tokoh kartun favorit anak-anak Jepang

Dari Meiji Jingumae, Anda bisa menuju patung anjing legendaris, Hachiko. Patung ini terletak di samping persimpangan Shibuya. Dua tempat ini bisa ditempuh melalui jalur subway Ginza Line, Hanzomon Line, dan Fukutoshin Line.

Hari Ketiga

Agenda hari ketiga adalah menuju Fujiyama, gunung paling terkenal di Jepang yang berbentuk kerucut dengan salju abadi di puncaknya. Untuk menuju Fujiyama, Anda bisa naik bis dari terminal Shinjuku dan turun di Kawaguchiko dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam. Usahakan untuk booking tiket bis pada H-1 atau H-2, terutama pada periode peak-season.

Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Persimpangan Shibuya, sudut jalanan yang paling ramai dan terkenal di Tokyo

Setelah sampai di Kawaguchiko, Anda bisa jalan kaki menuju Danau Kawaguchiko. Saat cuaca cerah, dari danau ini bisa terlihat Gunung Fujiyama dan Anda bisa naik ferry yang akan membawa wisatawan ke beberapa spot foto dengan latar belakang Fujiyama. Harga tiket ferry berbeda-beda, tergantung jarak tempuh yang dipilih, mulai 700 Yen per orang.

Dari danau ini, Anda bisa jalan kaki sekitar 10 menit menuju Kachi-kachi, dengan fasilitas kereta gantung yang akan membawa Anda ke puncak bukit. Dari puncak Kachi-kachi ini terlihat pemandangan Danau Kawaguchiko dari ketinggian dan tentu saja landscape gunung Fujiyama.

Liburan Hemat 3 Hari di Tokyo, Lakukan Hal Ini! | Breaktime
Taman di Tokyo Imperial Palace saat menjelang musim gugur di bulan September

Setelah hari ketiga di Tokyo, saya melanjutkan perjalanan ke Kyoto. Apabila B’timers ingin menghemat anggaran dengan melakukan perjalanan yang sama, gunakan bus Double Decker yang berangkat dari terminal Shinjuku pada jam 11 malam dan tiba di Kyoto Station pada jam 6 pagi.

Masih banyak tempat-tempat lain di Tokyo yang bisa dijangkau dengan subway, yang tentunya sangat ramah di kantong backpacker. Tempat-tempat tersebut misalnya Tokyo Tower, Imperial Palace, Ginza District, Ueno Park, Tsukuji Fish Market, dan Tokyo National Museum. Menariknya, sejumlah destinasi tersebut bisa dikunjungi secara gratis, sehingga budget yang ada bisa dialokasikan ke kebutuhan lain, seperti kuliner dan belanja souvenir. (za)

Share This Article