Legenda Unik Danau Besar di Indonesia Danau Toba | Breaktime
Legenda Unik Danau Besar di Indonesia, Danau Toba
06.09.2016

Sudah pernah berwisata ke Danau Toba, B’timers? Sebelum berlibur ke sana, yuk simak kisah legenda yang ada di tahan subur ini dulu, deh. Nah, sebagai danau paling besar di Indonesia, Danau Toba paling terkenal dengan keindahan dan pulau kecil yang ada di tengahnya. Danau dengan luas sekitar 100 km dan lebar 30 km ini merupakan danau yang menyimpan cerita legenda menarik. Seperti apa kisahnya, ya, B’timers?

Legenda Unik Danau Besar di Indonesia Danau Toba | Breaktime
Keindahan Danau Toba memang sudah tersebar

Asal mula dan sejarah terbentuknya Danau Toba

Menurut legenda yang dikenal masyarakat setempat, pada zaman dahulu, di tanah Sumatera Utara, ada seorang pemuda pengembara. Pemuda itu telah melakukan pengembaraan ke berbagai penjuru negeri. Dan ketika dia tiba di satu tempat dengan alam yang indah dan tanah subur, ditambah ada sungai berair jernih, pemuda tersebut pun memutuskan untuk menetap, B’timers. Dan dibangunnya sebuah rumah.

Untuk menghidupi dirinya, dia mencari tanah yang subur untuk ditanami berbagai jenis tanaman. Selain berladang, dia juga memancing ikan untuk lauknya. Dan pada suatu hari, ketika pergi memancing seperti biasa, dia tak berhasil mendapatkan satu ikanpun, B’timers. Bahkan hingga lama dia mencoba berulang kali. Sampai ketika umpan dilemparkan ke tengah sungai, dia berhasil mendapatkan ikan yang besar.

Legenda Unik Danau Besar di Indonesia Danau Toba | Breaktime
Hmm, mungkinkah pulau itu adalah ikan yang menjelma?

Cerita penuh cinta dari seekor ikan untuk pemuda

Dengan kebahagiaan setelah mendapatkan seekor ikan besar, pemuda tersebut pun pulang dan berniat akan memasak ikan hasil tangkapannya. Tapi ketika dia kembali dari mengambil kayu bakar, ikan telah hilang berganti dengan beberapa keping uang emas. Saat akan masuk rumah untuk menyimpan keeping emas tersebut, dia kembali dikejutkan dengan keberadaan seorang gadis berambut panjang terurai.

Gadis yang ternyata adalah jelmaan ikan hasil tangkapan si pemuda akhirnya dilamar oleh sang pemuda untuk menjadi istri. Sang gadis bersedia hanya jika pemuda tersebut mampu melaksanakan satu-satunya permintaan darinya. Yaitu dilarang untuk mengungkit masa lalu kedatangan sang gadis. Setelah setahun menikah, keduanya mendapatkan anugerah terindah, seorang putra yang sangat tampan.

Karena dibesarkan dengan kasih sayang yang berlebihan, sang putra pun tumbuh menjadi anak pemalas dan manja. Bahkan ketika dewasa, dia diminta sang ibu untuk mengantarkan makanan untuk ayah yang ada di ladang, dia menolaknya. Dan dia akhirnya dengan penuh keterpaksaan menuruti perintah sang ibu, namun perbekalan makan siang justru dia habiskan. Hal ini menimbulkan kemarahan dari sang ayah.

Dan amarah dari ayahnya membuat keluar pengakuan bahwa putranya adalah keturunan seekor ikan. Setelah itu, terjadilah bencana hujan deras disertai petir yang saling menyambar. Seketika terbentuk sebuah danau yang sangat besar. Hmm, itulah sebabnya jika sudah berjanji, usahakan untuk ditepati, ya, B’timers? (NO)

Share This Article