Legenda Menyelimuti Kecantikan Danau Sentani | Breaktime
Legenda Menyelimuti Kecantikan Danau Sentani
11.07.2017

Jika ditanya tentang destinasi terbaik di Papua, sebagian besar orang pasti akan menjawab Raja Ampat. Namun yang harus B’timers ketahui, Papua tak hanya punya Raja Ampat yang memang sangat cantik, tetapi masih banyak destinasi lainnya yang bisa ditelusuri. Salah satunya adalah Danau Sentani.

Dengan latar Pegunungan Cyclops di sebelah utara dan pepohonan hijau, Danau Sentani terlihat sangat mempesona. Di sekitar Danau Sentani juga terdapat 24 desa yang dihuni oleh suku lokal. Mata pencaharian mereka adalah menjual kerajinan tangan khas Papua.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Siap Mendengar 5 Kisah Gunung Angker Ini?

Tak hanya itu, ada lagi yang unik dari Danau Sentani, yaitu terdapat 22 pulau yang tersebar di dalamnya. Bahkan Anda juga bisa mengunjungi pulau-pulau tersebut dengan menyewa perahu motor.

Jika napak tilas sejarahnya dulu, Danau Sentani jadi lokasi pelatihan pendaratan pesawat amfibi. Lokasi tersebut dibangun oleh Jepang dan akhirnya diambil alih oleh Angkatan Darat Amerika Serikat pada tahun 1944.

Salah satu pulau yang paling populer di Danau Sentani adalah Pulau Asei. Di sana Anda bisa berbelanja kerajinan khas Papua, seperti kain kulit kayu. Masyarakatnya juga bertahan hidup dari ikan yang mereka pancing di danau. Ternyata di sana terdapat 33 jenis ikan, lho.

Danau Sentani punya keunikan lainnya, yaitu sebuah legenda. Sama halnya dengan tempat-tempat lain di Indonesia, Danau Sentani juga punya cerita khusus yang harus disimak. Danau yang terletak di ketinggian 75 mdpl ini begitu menarik di setiap sisinya.

Legenda Menyelimuti Kecantikan Danau Sentani | Breaktime
Legenda di balik cantiknya Danau Sentani (viriyaps.files.wordpress.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Bayi Tak Halangi Traveler ini Nikmati Perjalanan

Zaman dahulu, ada orang Papua Nugini yang menunggang seekor naga dan mereka terdampar di wilayah Danau Sentani tersebut. Naga yang ditunggangi itu mati, namun penunggangnya berhasil selamat. Mereka pun membuat peradaban sendiri.

Menurut cerita yang beredar di masyarakat, kepala naga ada di sebelah timur danau tersebut dan ekornya ada di sebelah barat. Itulah yang membuat masyarakat setempat percaya bahwa leluhur mereka berasal dari Papua Nugini. Namun hal tersebut cukup masuk akal, karena orang papua punya keunikan sendiri jika dibandingkan dengan etnis lainnya di Indonesia. Mereka adalah ras Austroloid.

Meski begitu tetap saja membuat bertanya-tanya, bagaimana bisa legenda naga sampai ke timur? Ternyata dulu Sentani memiliki hiu dan barakuda. Hiu dan barakuda datang dari hilir laut dan konon mereka beradaptasi mulai dari air payau sampai akhirnya ke air tawar. Sayangnya, Hiu Sentani terakhir ditemukan tahun 1990an.

Tak hanya legenda yang melekat di masyarakatnya, Danau Sentani juga punya hiruk-pikuk tradisi di masyarakatnya. Festival Danau Sentani digelar setiap tahun di kawasan wisata Khalkhote, Sentani Timur, Papua. Tujuan dari penyelenggaraan festival budaya ini adalah sebagai sarana melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat serta meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara maupun domestik.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
5 Traveler Dengan Kisah Perjalanan Inspiratif

Acara ini dimeriahkan oleh berbagai pertunjukan, seperti tarian adat di atas perahu, tarian perang khas Papua, upacara adat penobatan Ondoafi, dan menikmati berbagai sajian kuliner khas Papua. Acara ini juga  punya tujuan untuk mengembangkan nilai seni budaya dan kreatifitas masyarakat yang hidup di sekitar Danau Sentani.

Ada banyak rentetan acara dan pertunjukan yang dilakukan selama festival ini berlangsung. Setiap tahunnya juga selalu berganti tanggal. Jadi, jika Anda ingin datang ke Danau Sentani dan menikmati event ini, rajin-rajin saja untuk check internet. Sebagai masyarakat Indonesia, salah satu cara untuk berperan sebagai warga negara yang baik adalah dengan ikut melestarikan budaya yang ada di berbagai wilayah. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE