Lah Bako Tari Tradisional yang Ceria dari Jember | Breaktime
Lah Bako, Tari Tradisional yang Ceria dari Jember
11.07.2016

Lebih dikenal sebagai salah satu daerah penghasil tembakau terbesar dan terbaik yang ada di Indonesia, julukan “Kota Tembakau” pun jatuh pada Jember, B’timers. Dan ternyata alasan inilah yang akhirnya dijadikan sebagai sumber inspirasi bagi seniman untuk menuangkannya dalam bentuk tarian. Maka terciptalah Tari Lah Bako khas Jember, B’timers.

Sejarah Tari Lah Bako khas Jember

Tarian ini diciptakan pada tahun 1980 dan diprakarsai oleh Bupati Jember pada saat itu. berasal dari dua kata, yaitu Lah dan Bako yang menyimpan arti “mengolah tembakau”. Sehingga dapat diartikan Tari Lah Bako merupakan tarian yang menggambarkan bagaimana cara mengolah tembakau di Jember, B’timers.

Lah Bako Tari Tradisional yang Ceria dari Jember | Breaktime
Ini dia persembahan seni untuk wanita petani tembakau

Tarian Lah Bako di atas panggung

Dalam pertunjukannya, Tari Lah Bako dilakukan oleh 4 hingga 8 orang penari wanita yang menari dengan gerakan yang menggambarkan aktivitas mereka di ladang. Dalam pertunjukannya dimulai seperti menggambarkan perjalanan dari rumah menuju kebun tembakau, hingga menata daun tembakau dan bagaimana pengemasannya.

Sementara untuk musik yang mengiringinya, biasanya menggunakan music patrol, B’timers. Musik ini adalah salah satu jenis musik tradisional Jember yang terbuat dari bambu, bentuknya seperti kentongan dengan ukuran yang berbeda-beda. Alat musik akan dimainkan secara teratur, dan menghasilkan suara iang indah dan enak di dengar.

Dan untuk kostum yang digunakan dalam pertunjukkan Tari Lah Bako, pada dasarnya merupakan pakaian tradisional. Busananya menggambarkan seperti apa penampilan para petani tembakau di Jember. Untuk bagian kepala, mereka menggunakan sanggul cemol, atau jenis sanggul yang memanjang ke atas.

Wow, budaya yang ada di Indonesia memang beragam dan semuanya memiliki ciri khasnya masing-masing, ya? Dan semuanya memiliki arti dalam kehidupan masyarakatnya, B’timers. (NO)

Share This Article