Kisah Tragis Di Balik Kecantikan Nyai Dasima | Breaktime
Kisah Tragis Di Balik Kecantikan Nyai Dasima
14.11.2016

Betawi tak hanya memiliki kebudayaan yang beraneka ragam, tetapi juga menyimpan satu legenda percintaan yang tak kalah dengan Siti Nurbaya. Legenda Nyai Dasima begitu melekat pada cerita rakyat Betawi. Meski memiliki jalan cerita yang berbeda, kisah Nyai Dasima juga memiliki alur yang menyedihkan.

Menjadi gundik tangan kanan Sir Thomas Raffles

Dasima adalah seorang perempuan yang sangat cantik asal Betawi. Salah satu yang tertarik dengan kecantikannya adalah orang kepercayaan Sir Thomas Raffles, yaitu Edward William. Namun sayangnya, Dasima hanya menjadi istri simpanan Tuan Edward. Dasimah memutuskan melakukan hal ini karena dirinya juga tak ingin terus-terusan hidup melarat.

Dari hubungannya dengan Tuan Edward, Dasima memiliki seorang anak perempuan yang diberi nama Nancy. Meskipun begitu, kecantikan Nyai Dasima masih tetap terpancar.

Kisah Tragis Di Balik Kecantikan Nyai Dasima | Breaktime
Foto-foto lama Nyai Dasima yang masih tersisa

Menjadi primadona banyak lelaki

Dimanapun Nyai Dasima tinggal dan bagaimanapun keadaannya, ia tetap menjadi primadona para lelaki di setiap lingkungan tempatnya berada. Sebelumnya, Nyai Dasima dan Tuan Edward tinggal di Curug, Tangerang. Kemudian mereka pindah ke daerah Pejambon.

Salah satu pria yang tergila-gila dengan Dasima adalah Samiun. Namun, Samiun mencintai Dasima dengan cara yang salah. Ia pergi ke seorang dukun yang bernama Mak Buyung. Samiun meminta agar Mak Buyung menjampi-jampi Dasima agar bertekuk lutut padanya. Mereka pun akhirnya menikah dan Dasima rela menjadi istri kedua dari Samiun.

Kisah Tragis Di Balik Kecantikan Nyai Dasima | Breaktime
Kisah nyata Nyai Dasima ditulis dalam sebuah buku

Akhir hidup Nyai Dasima

Saat awal-awal menikah, Samiun begitu menyayangi Dasima. Ternyata Samiun tidak hanya terpesona oleh kecantikan Dasima, melainkan juga mengincar hartanya. Lama-kelamaan, harta Dasima pun habis karena ulah Samiun.

Semenjak  itu, Dasima diperlakukan dengan sangat kejam dan disia-siakan. Hingga akhirnya Samiun sudah terlalu gelap mata dan memutuskan untuk menyewa pembunuh bayaran untuk menghabisi nyawa Dasima.

Kisah hidup yang tragis dialami oleh Nyai Dasima yang sempat menjadi primadona di Betawi. Hingga kini, legenda Nyai Dasima yang hits di era 90an masih tetap melekat di kalangan masyarakat Betawi. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE