Kisah Sejarah di Balik Leak Bali yang Mistis | Breaktime
Kisah Sejarah di Balik Leak Bali yang Mistis
10.06.2016

Bali terkenal dengan sejuta pesonanya, alamnya yang indah menghipnotis, budaya dan religi yang kental berdampingan, kuliner yang khas kaya rempah. Apa yang tidak bisa B’timers temukan di Pulau Dewata? Termasuk hal-hal magisnya yang juga bernilai sejarah dan sangat menarik, seperti leak salah satunya.

Apa itu leak?

Leak adalah sesosok yang penuh mitos, yaitu hanya berupa kepala dengan seluruh organ tubuh bagian dalam yang masih menempel, dan suka berkeliaran dengan cara terbang. Konon, leak suka mencari wanita yang hamil untuk memakan darah bayinya atau bayi yang baru lahir. Menurut legenda, wujud leak ada dua macam, perempuan dan laki-laki.

Semua tentang leak

Sebenarnya, leak adalah manusia yang belajar ilmu hitam dan merupakan kanibal. Mereka memuja “ratu Leak”, yang merupakan janda bernama Rangda. Dalam ritual adat, Rangda memiliki peran yang penting. Topengnya disimpan di pura desa dan selama festival adat berlangsung, ia diikutkan dengan cara diarak. Selain leak, konon setan juga menjadi pengikut Rangda.

Kisah Sejarah di Balik Leak Bali yang Mistis | Breaktime
Wujud khas Rangda dengan taring, lidah dan kuku panjang

Alkisah, leak suka berkeliaran di kuburan, memakan jasad orang mati dan memiliki kekuatan untuk mengubah diri mereka menjadi hewan seperti babi, serta bisa terbang. Leak biasanya memilki lidah yang sangat panjang dan taring yang sangat besar.

Di siang hari, leak terlihat seperti manusia biasa, namun pada malam hari kepala mereka terlepas dari tubuh diikuti seluruh organ dalamnya seperti paru-paru, jantung, hati yang masih menempel, dan mereka pun terbang berkeliaran.

Hiasan kepala leak

Meski menjadi sosok mitos yang penuh mistis, seringkali patung leak yang berupa kepalanya saja dengan lidah sangat panjang dan taring super besar, digantung di dinding untuk hiasan. Mungkin Anda sudah tak asing dengan hiasan leak ini, ya?

Wah, sejarah dan kisah tentang leak memang cukup bikin ngeri. Namun, itu juga menjadi bukti kekayaan budaya Indonesia yang begitu beragam, bahkan setiap legenda dan mitos memiliki kisah sejarah yang kental dengan budaya lokal. Menakjubkan. (md)

Share This Article