Kisah Masa Lalu Candi Tertua Di Indonesia | Breaktime
Kisah Masa Lalu Candi Tertua Di Indonesia
12.11.2017

Semua sudah tahu kalau Indonesia terkenal dengan warisan adat dan budayanya yang tak terhitung. Salah satu yang paling banyak ada di negeri ini adalah candi yang dibangun pada zaman kerajaan. Entah bagaimana bisa terjadi, bangunan yang telah berdiri selama ribuan tahun masih bisa kokoh hingga sekarang. Sebut saja Candi Borobudur yang termasuk dalam salah satu candi tertua di Indonesia. Meski usianya sudah tak bisa dihitung lagi, candi yang menjadi tempat beribadah umat Buddha ini masih sangat menakjubkan.

Ternyata bukan Candi Borobudur saja, ada beberapa candi lain yang ternyata punya usia yang lebih tua. Menariknya lagi, candi-candi tertua itu masih bisa bertahan hingga jaman modern seperti sekarang ini. Dimana saja dan bagaimana sejarahnya, ya?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Di Balik Kisah Heroik 10 November Surabaya

Candi Arjuna

Candi yang satu ini berada satu kawasan dengan candi-candi lainnya. Ukuran candi-candi di sana tergolong kecil. Candi Arjuna sendiri luasnya 6 x 6 meter. Di bagian atasny terdapat replika Kala yang mirip barong. Komponen utamanya adalah Kudu yang merupakan bangunan candi terdiri dari atas kaki yang melambangkan bhurloka atau dunia manusi, tubuh yang melambangkan bhuwarloka atau dunia mereka yang disucikan, dan atap yang melambangkan swarloka atau dunia para dewa.

Candi-candi Dieng, termasuk Candi Arjuna ini ditemukan oleh tentara Inggris pada tahun 1814. Kondisinya saat itu terendam dalam genangan air telaga. 40 tahun kemudian, Van Kinsbergen yang memimpin pengeringan telaga itu melakukan pencatatan dan pemotretan bersama Can Kinsbergen di tahun 1864.

Kisah Masa Lalu Candi Tertua Di Indonesia | Breaktime
Candi Arjuna, candi tertua di Indonesia (pegipegi.com)
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Uniknya Kisah Sejarah Candi Majapahit

Candi Srikandi

Selain Candi Arjuna ada juga Candi Srikandi. Komplek candi Dieng ini berdiri sejak tahun 809 Masehi pada masa pemerintahan Rakai Warak Dyah Manara di atas tanah seluas 90 hektar. Candi Srikandi yang termasuk candi tertua di Indonesia memiliki relief trimurti (Dewa Siwa, Dewa Wisnu, dan Dewa Brahma) yang terpahat di setiap dinding luarnya.

Tersebar di area Dieng, Jawa Tengah, Candi Srikandi banyak dikungjungi oleh wisatawan. Selain karena menjadi candi tertua, Candi Srikandi juga berada di dataran tinggi dengan udaranya yang sejuk.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Pesona Tanaman Langka Bunga Bangkai Raksasa

Candi Badut

Beralih dari Jawa Tengah, ada sebuah candi tertua di Jawa Timur dan juga jadi candi tertua di Indonesia. Lokasinya ada di Kota Malang, tepatnya di daerah Karang Besuki, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Ada sebuah candi yang bernama Candi Badut. Candi ini berdiri pada tahun 682 Saka atau sekitar 760 Masehi. Candi ini berada di sebuah dusun bernama Dusun Badut, itulah mengapa namanya Candi Badut. Itu menurut cerita versi pertama. Ada juga yang mengatakan bahwa di wilayah candi ini banyak tumbuh pohon badut yang sejenis dengan pohon nangka.

Jika menurut cerita yang lain, candi ini diambil dari nama kecil Raja Gajayana, yang tak lain merupakan pendiri candi Badut. Di masa kecil, Gajayana dipanggil Liswa. Nama tersebut berarti anak komedi (jenaka) dan orang Jawa menyebutnya sebagai badut.

Itulah beberapa sejarah singkat tentang candi tertua di Indonesia. B’timers sudah pernah pergi ke salah satunya atau belum, nih? (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE