Keunikan Tentang Trevi Fountain di Italia | Breaktime
Keunikan Tentang Trevi Fountain di Italia
23.04.2016

Perjalanan ke Roma Anda tidak akan lengkap tanpa kunjungan ke Fontana di Trevi, atau lebih dikenal dengan sebutan Trevi Fountain. Terletak di distrik Quirinale Roma, Trevi Fountain dikenal sebagai salah satu air mancur paling menakjubkan di dunia, lho, B’timers! Tapi di balik keindahannya ada banyak fakta lain yang tersembunyi, B’timers.

Kenalkan, inilah sumber air tertua di Roma

Dibangun di titik akhir dari saluran air di persimpangan tiga jalan, air mancur ini akan mengajak Anda kembali ke zaman Romawi kuno, B’timers. Atau sejak pembangunan Aqua Virgo Aqueduck pada 19 SM, yang menyediakan air hingga ke pemandian Romawi dan air mancur di tengah kota Roma.

Jika ditilik dari sejarah, nama Aqua Virgo atau Virgin Waters diberikan untuk menghormati seorang gadis Romawi muda yang memimpin sejumlah tentara kehausan ke sumber mata air untuk menghilangkan dahaga mereka.

Keunikan Tentang Trevi Fountain di Italia | Breaktime
Siapkan koin untuk satu permohonan di Trevi Fountain

Salvi bukanlah arsitek asli Trevi Fountain

Tahun 1730 Paus Clemens XII mengadakan kontes untuk merancang air mancur baru. Banyak arsitek yang turut berpartisipasi, tetapi Nicola Salvi akhirnya memenangkan hak untuk merancang air mancur tersebut.

Ada beberapa teori mengatakan Alessandro Galilei awalnya mendapatkan komisi untuk proyek itu. Hanya karena dia adalah orang Florentine, Galilei diminta mundur. Sayangnya, Salvi pun tidak memiliki kesempatan melihat air mancurnya selesai dibangun, B’timers.

Air mancur sebagai badan amal di Italia

Kenal dengan tradisi melempar koin ke arah belakang melalui pundak, B’timers? Nah, dahulu tradisi ini dilakukan untuk membuat dewa air melindungi tentara yang pergi berperang agar dapat pulang kembali dengan selamat. Dan legenda menyatakan semua koin yang dilempar ke air mancur akan kembali ke Roma.

Tahukah Anda, sekitar 3 ribu Euro telah dilemparkan ke dalam air mancur ini setiap hari, lho! Banyak yang tidak tahu bahwa setiap malam koin dikumpulkan dan diberikan ke badan amal Italia yang disebut Caritas. Ini dimaksudkan untuk membantu orang yang membutuhkan mendapatkan bahan makanan.

Keunikan Tentang Trevi Fountain di Italia | Breaktime
Di malam hari Trevi Fountain tetap ramai wisatawan

Batu air mancur pernah berwarna hitam dan… merah

Pada tahun 1996 air mancur dimatikan dan dibungkus kain krep hitam untuk menghormati kematian aktor Marcello Mastroianno. Mastroianni membintangi La Dolce Vita, sebuah film dengan adegan terkenal yang difilmkan di Trevi Fountain.

Sementara pada tahun 2007 air mancur jadi berwarna merah, setelah zat cair perusak dibuang ke dalam air mancur. Selain mengubah warna air, batu air mancur juga menjadi merah, lho. Jika Anda datang saat itu, pasti akan sangat terkejut melihat warna merah di sana, B’timers!

Nah, jika ada berencana mengunjunginya, jangan lupa lempar koin kedua untuk mendapatkan jawaban atas cinta Anda, ya, B’timers? (NO)  

Share This Article