Ketika Wisata Alam Nyata dan Alam Gaib Menyatu di Rinjani | Breaktime
Ketika Wisata Alam Nyata dan Alam Gaib Menyatu di Rinjani
15.04.2015

Wisata Alam Gaib di Lombok

Tak diragukan lagi apabila Lombok memiliki banyak sekali keindahan alam yang tak kalah dengan pulau-pulau lain di Indonesia bahkan di negara lainnya. Contohnya saja Pantai Senggigi, Gili Air, Gili Meno, Gili Trawangan, Sentanu, Pantai Tanjung Aan sampai dengan misteriusnya Gunung RInjani dan Danau Segara Anakan. (Baca juga: Museum Kebangkitan Nasional)

Gunung Rinjani merupakan gunung vulkanik tertinggi ke dua di Indonesia setelah Gunung Semeru di Jawa Timur. Memiliki ketinggian 3.726 dpl, gunung satu ini menjadi salah satu favorit para pecinta alam dan pendaki di Indonesia serta mancanegara.

Bagi B’timers yang pernah menapakkan kaki di Gunung Rinjani, pastinya setuju apabila pemandangan yang dilihat dari ketinggian gunung ini sangat indah. Tidak hanya itu saja, keindahan alam dan pemandangan yang ada di sekitar Rinjani semakin komplit dengan keberadaan Gunung Baru (Gunung Barujari) dan juga kaldera yang telah dipenuhi air dan diberi nama Danau Segara Anakan.

Namun tahukah Anda ,di balik keindahan Rinjani tersebut tersimpan misteri yang sampai sekarang belum terpecahkan dan menjadi legenda selama bertahun-tahun. Gunung satu ini merupakan sebuah simbol kesakralan dari penduduk asli Lombok yaitu Suku Sasak dan Suku Bali. Banyak kegiatan yang terkait dengan hal-hal berbau mistis dilakukan di gunung ini, misalnya saja bertapa, melakukan pemujaan, atau penyucian benda-benda keramat.

Gunung Rinjani waktu meletus di tahun 1994
Gunung Rinjani waktu meletus di tahun 1994

Selain itu, ada beberapa larangan yang tak boleh dilanggar oleh para pendaki, misalnya saja tidak boleh berkata-kata kotor atau mengungkapkan kekhawatiran terhadap sesuatu. Hal tersebut dikarenakan Gunung Rinjani dipercaya sebagai tempat bersemayamnya Dewi Anjani yang merupakan jin penguasa di tempat ini. Bahkan, setiap tahunnya diadakan upacara khusus oleh masyarakat sekitar misalnya saja Larung Sesaji atau Kasodo.

Apabila dikaitkan dengan legenda dan cerita asal usulnya, Dewi Anjani adalah seorang putri raja yang dilarang menikah dengan kekasih pilihannya. Karena kecewa dengan keputusan ayahnya itu, Dewi Anjani memilih menghilang di sebuah mata air yang dinamakan Mandala dan akhirnya menjadi penguasa dunia gaib di Gunung RInjani. Selain di Rinjaninya sendiri, aura mistis juga sangat kental menyelimuti sekitar daerah Danau Segara Anakan. 

Walaupun aura mistisnya sangat kuat dan tidak jarang para pendaki menjumpai hal-hal di luar nalar manusia, namun keindahan alam, suasana hutan dan celoteh marga satwa yang mendiami daerah tersebut seakan memupuskan kesan angker yang ada di Gunung Rinjani.

Siap untuk mendaki gunung vulkanik tertinggi di Indonesia ini? Pack your equipments and boost your guts to Rinjani! 

Share This Article