Kesenian Drumblek, Ikon Unik dari Kota Salatiga | Breaktime
Kesenian Drumblek, Ikon Unik dari Kota Salatiga
25.08.2016

Penasaran dengan nama kesenian dari Salatiga, B’timers? Nah, Drumblek adalah bentuk kesenian musik yang bisa dikatakan baru berkembang, sih. Dan sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda dengan marching band, Kesenian Drumblek menunjukkan keseruan yang penuh semangat sekelompok pemain musik yang menabuh tong maupun blek. Yuk, intip Kesenian Drumblek daru Salatiga, B’timers!

Kesenian Drumblek, Ikon Unik dari Kota Salatiga | Breaktime
Ayo, mainkan lagu penuh hentakan dan semangat!

Rahasia heboh di balik Kesenian Drumblek

Seperti yang telah dikatakan, Kesenian Drumblek ini serupa dengan marching band. Jadi pasti harus ada seorang gadis cantik dengan tongkat mayoretnya memandu semua pemain Drumblek berkeliling kota. Dan Anda akan diperdengarkan lagu-lagu dengan irama menghentak penuh semangat sepanjang jalan mereka beraksi. Yang bikin Kesenian Drumblek makin unik adalah kostum serba heboh mereka.

Well, sebenarnya apa, sih, arti di balik nama Kesenian Drumblek ini, B’timers? Coba perhatikan alat-alat musik yang mereka mainkan.  Mereka memanggul dan memainkan drum bekas, jirigen maupun alat lain yang dialihfungsikan menjadi alat musik. Masih kurang unik di mata Anda? Ada sejarah yang menyertai kemunculan Kesenian Drumblek ini, lho, B’timers.

Kesenian Drumblek, Ikon Unik dari Kota Salatiga | Breaktime
Keunikan lain dari kostum yang sangat heboh

Sejarah asal mula munculnya Kesenian Drumblek

Jadi jika membicarakan tentang sejarah kemunculan Kesenian Drumblek, Anda harus berkenalan dengan sosok bernama Didik, B’timers. Saat itu, tahun 1986 menjelang perayaan HUT RI. Seperti warga dari kota lain, mereka ingin membentuk marching band. Sayangnya harga membeli peralatan marching band tidak murah. Jadilah dengan segala kreativitas, para warga mengubah alat yang ada menjadi alat musik.

Dulu memang Kesenian Drumblek ini hanya digelar setiap Hari Ulang Tahun RI saja, B’timers. Karena ada banyak yang mengungkapkan kesukaannya menyaksikan Kesenian Drumblek ini, maka semakin banyak terbentuk grup Drumblek dari setiap sudut Salatiga. Dan untuk menghidupkan dunia pariwisata Salatiga, maka digelar Festival Drumblek.

Jika berlibur ke Salatiga, jangan lupa untuk menyaksikan Kesenian Drumblek yang unik ini, ya, B’timers? (NO)

Share This Article