Keren, Negara Di Amerika Ini Punya Iklim Tropis! | Breaktime
Keren, Negara Di Amerika Ini Punya Iklim Tropis!
12.01.2017

Indonesia adalah salah satu negara dengan iklim tropis dan bahkan dilewati oleh garis khatulistiwa. Tetapi tahukah Anda bahwa di benua Amerika yang terkenal dengan benua yang memiliki 4 musim ini ternyata juga memiliki negara-negara yang beriklim tropis lho.

Sebelum Breaktime membocorkan negara-negara tropis di benua Amerika, akan dijelaskan terlebih dahulu ciri negara yang beriklim tropis. Daerah tropis sendiri merupakan zona antara Tropic of Cancer yang berada pada lintang 23° 26’ 16” utara dan Tropic of Capricorn yang terletak pada lintang 23° 26’ 16” selatan.

Daerah yang beriklim tropis selalu terletak pada garis khatulistiwa. Ini merupakan garis besar imajiner yang melingkari bumi dan tepat berada di antara kutub utara dan selatan. Suhu negara beriklim tropis rata-rata berkisar antara 20 - 40° Celcius dengan paparan sinar matahari yang konstan setiap tahunnya.

Ciri utama negara yang memiliki iklim tropis adalah memiliki dua musim utama, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Nah, lebih jelasnya matahari akan bersinar lebih terik di negara-negara yang beriklim tropis.

Saat musim hujan, intensitas hujannya akan sangat tinggi. Sedangkan saat musim kemarau, matahari akan bersinar dengan teriknya. Ini yang seringkali menjadi masalah bagi para petani dan masyarakat lain. Selain itu, ciri lain dari negara tropis adalah memiliki persebaran hutan hujan tropis yang besar.

Keren, Negara Di Amerika Ini Punya Iklim Tropis! | Breaktime
Penampakan The Rain Forest Amazon

Dengan luasnya hutan hujan tropis, otomatis pertumbuhan ekosistem flora dan fauna juga sangat beragam tentunya. Salah satu hutan hujan tropis terbesar di dunia adalah The Rain Forest Amazon. B’timers pasti sudah sering mendengar hutan Amazon yang berada di Amerika Selatan.

Tahukah Anda bahwa hutan Amazon ternyata membentang dan meluas di delapan negara di Amerika Selatan, yaitu Brazil, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Guyana Perancis, Guyana, Peru, Suriname, dan Venezuela.

Negara-negara tersebut memang merupakan jajaran negara dengan iklim tropis yang ada di Amerika. Seperti Ekuador yang juga disebut sebagai tanah musim semi abadi. Bagaimana tidak, pada siang hari suhu di negara ini berkisar 21 derajat Celcius. Sesuai dengan kondisi geografisnya yang dilalui oleh garis khatulistiwa.

Meski masuk dalam daftar negara tropis di Amerika, Ekuador tetap bersinar dengan pesona berbagai wisatanya mulai dari bangunan bersejarah, kuliner, hingga gunung-gunung untuk didaki.

Selanjutnya adalah Brazil yang menjadi negara paling tropis di Amerika, bahkan di dunia. Yup, Brazil memiliki kehangatan suhu dan kelembaban yang stabil. Ini juga yang menjadi daya tarik Brazil pada turis-turis dunia. Brazil juga jadi negara di Amerika yang punya hutan hujan tropis sebesar 2,9 juta kilometer persegi.

Keren, Negara Di Amerika Ini Punya Iklim Tropis! | Breaktime
Brazil jadi negara paling tropis di dunia

Tak hanya hutan, Brazil juga terkenal dengan night life paling meriah di dunia dan pantai-pantai eksotis yang jadi favorit para pelancong untuk sun bathing.

Selain negara-negara di Amerika Selatan, Arizona yang berada di bagian barat daya juga masuk daftar negara tropis. Bagaimana tidak, jika musim panas tiba suhunya akan sangat panas dan saat musim dingin tidak akan terlalu dingin.

Hal ini dikarenakan rata-rata matahari bersinar selama 11 jam perhari. Itu juga berarti bahwa matahari bersinar sangat terik selama 4.000 jam dalam setahun. Wow!

Nah, yang terakhir adalah yang berada di Amerika Utara, yaitu Mexico. Sudah bukan rahasia umum jika Mexico menjadi negara tropis di Amerika. Bahkan bisa dibilang bahwa Mexico menjadi negara yang cenderung gersang di Amerika.

Itulah B’timers negara-negara di Amerika yang memiliki iklim tropis. Tidak disangka, ya negeri Paman Sam juga bisa mendapatkan asupan matahari. (vpd)

Share This Article