Kenali Tari Remo Jadi Ikon Jawa Timur | Breaktime
Kenali Tari Remo Jadi Ikon Jawa Timur
03.12.2016

Tari Remo adalah tarian tradisional Jawa Timur yang dilakukan sebagai pembukaan kesenian Ludruk. Tarian ini menggambarkan keberanian seorang pangeran yang berjuang di medan perang. Tari Remo juga ditampilkan pada acara-acara lain. Tari Remo bisa dibilang sebagai salah satu icon kesenian di Jawa Timur.

Sejarah

Pada awalnya, tari Remo diciptakan oleh para seniman jalanan pada jaman dahulu dengan mengangkat tema seorang pangeran yang gagah berani. Setelah itu, tarian ini dikenalkan pada masyarakat luas melalui kegiatan mengamen. Setelah itu, tari Remo menjadi tarian pengantar dalam acara Ludruk dan sejak saat itu namanya dikenal oleh masyarakat luas.

Tidak hanya sebagai pengantar kesenian Ludruk, tarian ini juga seringkali ditampilkan sebagai tarian selamat datang untuk tamu-tamu besar yang berkunjung ke Jawa Timur.

Tari Remo umumnya dibawakan oleh penari laki-laki, namun saat ini penari wanita juga membawakan tarian ini dan disebut dengan Tari Remo Putri. 

Kenali Tari Remo Jadi Ikon Jawa Timur | Breaktime
Tari Remo yang harus dilestarikan, nih B’timers!

Macam gaya Tari Remo

Tari Remo juga hadir dengan berbagai macam gaya yang unik dan penuh nilai estetika dalam cara berbusana, nih B’timers.

1. Gaya Surabayan

Memakai gelang lonceng di bagian pergelangan kaki, setagen di lingkaran pinggang, diselipkan sebuah keris dibalik pinggang, celana panjang hingga lutut, memakai ikat kepala warna merah, dan memakai dua selendang.

2. Gaya Malangan

Pakaian yang digunakan sama, hanya saja memakai celana panjang hingga mata kaki dan tidak dikaitkan dengan jarum emas.

3. Gaya Jombangan

Pakaian yang digunakan sama, hanya saja memakai kaos berlengan panjang. Rompi yang digunakan juga mirip dengan pemain kuda lumping.

4. Gaya Sawunggaling

Pakaian yang digunakan sama, hanya saja memakai kaos berwarna putih dan berlengan panjang, sehingga tidak menggunakan pakaian yang berwarna hitam.

Nah, B’timers jadi itulah sedikit ulasan tentang Tari Remo yang menjadi ikon budaya dan kesenian tradisional di Jawa Timur. Kita sebagai generasi muda harus tetap menjaga dan melestarikan tarian ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE