Kenali Tari Jaipong ini Jadi Identitas Indonesia | Breaktime
Kenali Tari Jaipong yang Jadi Identitas Indonesia
22.10.2016

Tari Jaipong adalah salah satu tarian khas Jawa Barat, khususnya daerah Karawang. Tarian ini tidak hanya terkenal di seluruh daerah di Jawa Barat, tetapi juga sudah menjadi identitas negara Indonesia. Tari Jaipong juga seringkali digunakan sebagai tarian penyambutan tamu negara, lho B’timers. Ingin tahu lebih jelas tentang tari Jaipong? Yuk, cari tahu dari ulasan berikut ini.

Sejarah

Tari Jaipong termasuk salah satu tarian tradisional yang digabungkan dengan beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek, dan ketuk tilu. Menurut sejarah masyarakat Karawang, tari Jaipong diciptakan oleh H. Suanda. Saat itu tari Jaipong masih menggunakan instrument sederhana antara lain, gendang, ketuk, kecrek, gong, rebab, dan sinden.

Pada tahun 1960an tari Jaipong mulai dikenalkan ke masyarakat oleh Gugum Gumbira. Hal ini dilakukan agar tari Jaipong semakin berkembang dengan baik. Saat pertunjukkan, tarian ini dilakukan oleh perorangan, berpasangan, atau bahkan berkelompok.

Kenali Tari Jaipong ini Jadi Identitas Indonesia | Breaktime
Seni tradisional Jawa Barat yang sarat akan keindahan

Filosofi

Sejak ditampilkan pertama kali, tari Jaipong dianggap sebagai tarian yang menyuarakan emansipasi, simbol kebebasan, dan pemberontakan lewat gerakan kepala, tubuh, tangan, dan kaki.

Contohnya pada gerakan pencak silat yang melambangkan bahwa seni tidak membedakan jenis kelamin. Semua gerakan dalam pencak silat bisa dipoles sedemikian rupa pada tari Jaipong sehingga memperlihatkan keindahan dan kelembutan wanita.

Busana

Kostum yang digunakan oleh penari adalah kebaya dengan warna-warna cerah dan bawahan berupa kain jarit bermotif batik. Pada bagian kepala menggunakan sanggul dan beberapa hiasan seperti mahkota atau bunga. Penari juga dilengkapi dengan selendang yang diletakkan di leher atau di pinggang.

Nah, itulah sekilas asal usul dan filosofi tentang tari Jaipong yang sudah dikenal oleh masyarakat luas. Saat ini tugas kita adalah terus menjaga dan melestarikan tari Jaipong yang sarat akan nilai estetika ini. (vpd)

Share This Article