Kenali Lebih Dekat Tentang Tari Topeng Betawi | Breaktime
Kenali Lebih Dekat Tentang Tari Topeng Betawi
24.10.2016

Jakarta tidak hanya terkenal dengan kepadatan penduduknya saja, tetapi juga memiliki banyak kesenian tradisional khas suku Betawi. Bukan hanya ondel-ondel, suku Betawi juga punya kesenian lain berupa tarian, yaitu tari Topeng Betawi. Tarian ini sama halnya dengan tarian lain yang diiringi musik dan juga nyanyian. Namun, Topeng Betawi lebih bersifat teatrikal dan komunikatif lewat gerakannya.

Asal usul

Sesuai dengan namanya, tarian ini dilakukan dengan menggunakan topeng. Tari Topeng Betawi ini pada awalnya dipentaskan secara berkeliling oleh para seniman. Biasanya dipentaskan pada acara pernikahan, khitanan, dan lain-lainnya.

Menurut kepercayaan masyarakat Betawi, tarian ini dapat menjauhkan mereka dari bahaya. Kepercayaan itu mulai luntur seiring dengan perkembangan jaman. Konsep tari Topeng Betawi kini telah berubah menjadi sebuah tarian hiburan pada acara-acara adat.

Kenali Lebih Dekat Tentang Tari Topeng Betawi | Breaktime
Yuk, lestarikan tari Topeng Betawi yang mulai luntur!

Pertunjukan

Tari Topeng Betawi diawali dengan sebuah lagu yang diiringi oleh musik. Lalu penari akan keluar dengan menggunakan topeng. Gerakan yang akan dibawakan ternyata disesuaikan dengan tema acara. Beberapa tema yang biasa dibawakan dalam tarian antara lain tentang kehidupan masyarakat, cerita legenda, dan kritik sosial. Musik yang mengiringi berasal dari alat musik tradisional Betawi, yaitu rebab, gendang besar, kempul, kromong tiga, kecrek, kulanter, dan gong buyung.

Kostum

Para penari menggunakan baju adat Betawi. Untuk penari pria biasanya menggunakan pakaian serba hitam seperti kaos oblong, celanan panjang, dan kain sarung. Bagian kepala, mereka biasanya menggunakan peci atau ikat kepala. Sedangkan penari wanita menggunakan kain panjang dan kebaya yang dilengkapi dengan selendang. Bagian kepala menggunakan mahkota warna-warni yang disebut kembang topeng.

Nah, itulah ulasan tentang tari Topeng Betawi yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu untuk masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Betawi harus terus berusaha melestarikan kesenian tari tradisional ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE