Kenalan dengan Suku Ameng Sewang dari Belitung! | Breaktime
Kenalan dengan Suku Ameng Sewang dari Belitung, yuk!
15.06.2016

Ameng Sewang adalah satu kelompok masyarakat yang mendiami sekitar Pulau Belitung di provinsi Sumatera Selatan, B’timers. Suku Ameng Sewang telah menghuni laut dan pulau-pulau kecil di sekitar Bangka dan Belitung sejak berabad-abad silam, lho. Ini diceritakan dengan bukti sejarah, tahun 1668 ketika kapal Belanda mendarat di Pulau Belitung, awak kapal tersebut mendapatkan serangan dati Suku Ameng Sewang. Wow, kenalan dengan Suku Ameng Sewang dari Belitung, yuk, B’timers!

Suku yang mendiami Bangka dan Belitung

Pada tahun 1668, beberapa kapal Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC) asal Belanda mendarat di Pulau Belitung. Ketika mereka berlabuh, para awak mendapatkan serangan dari sekelompok orang llokal yang disebut sebagai suku bangsa Ameng Sewang. Berdasarkan catatan kolonial Belanda, mereka pernah mempertahankan Pulau Belitung yang kaya akan timah. Dan kekuatan mereka dikatakan cukup signifikan, lho.

Kenalan dengan Suku Ameng Sewang dari Belitung! | Breaktime
Mayoritas Suku Ameng Sewang hidup di lautan

Cerita dan asal muasal Suku Ameng Sewang

Konon, asal suku bangsa Ameng Sewang adalah sekelompok orang Suku Laut yang berasal dari kawasan Asia Tenggara bagian utara, wilayah perairan Thailand Selatan, Indocina dan Filipina Utara, yang berpindah ke selatan. Mereka kemudian berlabuh dan mendiami pesisir perairan timur Pulau Sumatera. Suku Ameng ini memiliki pola hidup yang tidak menetap alias nomaden, B’timers. Mereka sering berpindah ke pulai kecil lainnya di Sumatera.

Perahu-perahu mereka digunakan sebagai tempat tinggal. Karena berasal dari Suku Laut, maka mata pencahariannya adalah menangkap ikan dan mencari hasil laut lainnya. Alat penangkap ikan yang mereka gunakan masih sangat sederhana,s eperti pancing dan tombak. Bahkan mereka tidak mengenal jala untuk menjaring ikan, lho, B’timers.

Kehidupan Suku Ameng Sewang sekarang

Dengan datangnya kelompok dari berbagai wilayah, maka terjadilah persinggungan dengan Suku Ameng Sewang ini. Dan sekarang mereka telah mengenal pola hidup yang lebih modern, B’timers. Mereka mulai mengenal uang dan mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup harian. Perubahan pola hidup ini ternyata mempengaruhi pilihan mereka dalam bekerja.

Nah, itulah tadi sedikit cerita Suku Ameng Sewang dari Belitung, B’timers! (NO)

Share This Article