Keindahan Alam dan Misteri Masa Lalu di Pulau Onrust | Breaktime
Keindahan Alam dan Misteri Masa Lalu di Pulau Onrust
22.10.2015

Kepulauan Seribu yang berada di sebelah utara pantai Jakarta memiliki pulau-pulau yang menjadi destinasi wisata pilihan saat akhir pekan atau musim libur sekolah.

Masing-masing pulau di Kepulauan Seribu memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri, seperti Pulau Pari dengan bentuknya yang menyerupai ikan pari, Pulau Tidung yang memiliki "Jembatan Cinta", serta Pulau Onrust yang memiliki bangunan-bangunan tua dan menyimpan misteri.

Lokasi Pulau Onrust berdekatan dengan Pulau Kelor, Pulau Bidadari, dan Pulau Cipir. Wisatawan domestik yang berkunjung ke pulau ini pada akhir pekan, biasanya mengambil paket one day trip yang juga mengunjungi dua pulau lain, seperti Kelor dan Cipir.

Sesuai namanya, Onrust atau dalam bahasa Inggris disebut "Unrest", memang merupakan sebuah pulau yang pada jaman dahulu merupakan pulau yang sangat sibuk dan menyimpan banyak misteri.

Keindahan Alam dan Misteri Masa Lalu di Pulau Onrust | Breaktime
Bangunan sederhana di Pintu Masuk Pulau Onrust

Pulau Onrust dulu pernah menjadi galangan kapal pada masa pendudukan VOC, sebagai tempat transit kapal-kapal sebelum memasuki Batavia. Pada tahun 1930an, Pulau Onrust menjadi pusat asrama haji bagi penduduk pribumi sebelum berlayar menuju Arab Saudi.

Pada masa kolonial Belanda, pulau ini dijuluki sebagai Pulau Kapal karena pulau ini sering sekali dikunjungi kapal-kapal Belanda sebelum menuju Batavia. Di dalam pulau ini terdapat banyak peninggalan arkeologi pada masa kolonial Belanda dan sebuah rumah yang masih utuh dan kini dijadikan Museum Pulau Onrust.

Selain itu pulau ini juga menjadi lokasi tahanan politik pada masa penjajahan Belanda dan Jepang. Pada tahun 1960an, pulau ini menjadi rumah sakit bagi penderita penyakit menular. Di pulau ini juga terdapat bekas-bekas bangunan rumah sakit, benteng, pelabuhan kuno, dan pemakaman Belanda.

Keindahan Alam dan Misteri Masa Lalu di Pulau Onrust | Breaktime
Banyak Bangunan Tua Jaman Belanda di Pulau Ini

Meskipun memiliki masa lalu yang kelam dan menyimpan misteri, namun Pulau Onrust punya pemandangan alam yang sangat indah. Hamparan laut biru dan pantai berpasir putih menjadi view eksotis khas pulau ini.

Wisatawan juga bisa mengunjungi pulau ini dari resort Pulau Bidadari. Sedangkan perjalanan dari Jakarta melalui Marina Ancol menuju Pulau Bidadari dapat menggunakan perahu reguler setiap hari. Atau bisa juga dari Pelabuhan Muara Kamal dengan menyewa kapal nelayan.

Share This Article