Keajaiban Pohon Purba di Lombok yang Masih Kokoh | Breaktime
Keajaiban Pohon Purba di Lombok yang Masih Kokoh
10.08.2017

Gili Trawangan dan pulau-pulau kecil berpasir putih membuat Lombok sangat terkenal di kalangan wisatawan. Termasuk Gunung Rinjani yang begitu populer di kalangan pendaki.

Tapi daya tarik wisata di Lombok tak hanya sebatas pantai, bukit, dan gunung saja. Salah satu keindahan Lombok, khususnya di kawasan timur, adalah keberadaan pohon-pohon purba berukuran raksasa.

Adalah Pohon Purba Lian Langka yang terdapat di Desa Gunung Malang, kawasan Selong, Lombok Timur, yang kini menjadi daya tarik baru wisata Lombok, terutama penggemar wisata alam.

Saat saya memasuki kawasan wisata Pohon Purba Lian Langka ini, yang tampak di depan mata adalah puluhan pohon raksasa berusia ratusan tahun yang berdiri kokoh, seperti di film Jurassic Park.

Keajaiban Pohon Purba di Lombok yang Masih Kokoh | Breaktime
Puluhan pohon purba setinggi 50 meter menjulang di Lian Langka

Menurut penjaga tempat wisata, usia pohon-pohon ini diperkirakan sekitar 350 tahun atau lebih, bahkan sudah ada sebelum Belanda datang ke Indonesia.

Masih menurut cerita penjaga tempat wisata, awalnya keberadaan pohon-pohon raksasa setinggi kurang lebih 40 sampai 50 meter ini tak terlalu banyak diperhatikan. Namun setelah banyak anak muda yang mengunjungi dan mengunggahnya di media sosial, lokasi tersebut makin banyak didatangi wisatawan.

Keajaiban Pohon Purba di Lombok yang Masih Kokoh | Breaktime
Suasana sejuk dan rindang di kawasan Liang Langka

Akar pohon-pohon purba ini bisa mencapai satu hingga dua meter dengan lingkar batang sebesar empat gandengan tangan orang dewasa. Batang pohon ini sepintas mirip pohon kapur, namun pohon purba ini masuk jenis Ficus albipila. Jenis pohon ini hanya ada di Australia, Afrika, dan di Lombok Timur ini tentunya.

Pemerintah setempat pun menata kawasan tersebut dengan menjadikannya tempat wisata. Saat ini sudah terdapat beberapa warung, toilet, gubuk atau berugak untuk wisatawan, serta petugas parkir.

Dengan suasana dan latar belakang pohon-pohon raksasa yang menjulang tiunggi, masyarakat yang datang ke lokasi ini biasanya menghabiskan waktu untuk ber-selfie, menikmati suasana pohon purba, hingga melakukan foto pre-wedding.

Keajaiban Pohon Purba di Lombok yang Masih Kokoh | Breaktime
Pohon-pohon purba di Lian Langka konon sudah berusia lebih dari 350 tahun

Untuk masuk kawasan wisata seluas 4 hektar ini, wisatawan tidak dikenakan tiket masuk, hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Menuju Pohon Purba Lian Langka

Lokasi tempat wisata pohon purba ini terletak di Lombok Timur, sekitar 75 kilometer atau dua setengah jam perjalanan dari Mataram. B'timers yang naik motor ke tempat ini tinggal mengikuti jalur utama Lombok - Sumbawa menuju Pelabuhan Kayangan. Setibanya di pertigaan terakhir sebelum ke Pelabuhan Kayangan, belok kiri menuju arah Sambelia atau Padak Guar. Sekitar 7 kilometer dari pertigaan sudah tampak pohon-pohon raksasa di sisi kiri jalan.

Kalau penasaran dengan pohon purba yang masih hidup ini, bisa jadi list liburan Anda tahun ini. Jadi nggak hanya pantai yang bisa Anda singgahi di Lombok.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE