Jelajah Alor, Surga di Ujung Timur Nusa Tenggara
30.11.2017

Alor tak sependek namanya, keindahan bawah laut dan pesona alam pulau di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara ini menjadi magnet wisatawan domestik dan mancanegara. Di kalangan penggemar bawah laut, Alor termasuk destinasi favorit karena memiliki banyak spot diving. Terumbu karang dan biota laut di Alor disebut-sebut sebagai salah satu yang terbaik di Indonesia.

Meskipun saya tidak mahir menyelam, Alor sudah lama masuk bucketlist karena keindahan pantai-pantai alami dan budaya khas Alor tak kalah dengan keindahan bawah lautnya. Saya berempat dengan rekan-rekan traveler dari Jakarta. Empat orang adalah jumlah ideal untuk share cost selama di Alor, termasuk untuk penginapan dan transportasi.

Pemandangan Bandara Mali dengan latar belakang lautan Alor
Jelajah Batas Selatan Nusantara di Pulau Ndana

Hari Pertama

Saya mengambil penerbangan pagi dari Kupang menuju Alor. Setiba di Bandara Mali, driver Bang Marcel menyapa saya dengan ramah dan akrab. Pulau Sika yang letaknya tepat berseberangan dengan runway bandara menjadi destinasi awal kami. Yang menarik dari pulau ini adalah keberadaan mamalia laut dugong yang mulai langka.

Dari Pulau Sika, kami menuju Desa Adat Takpala. Di lokasi ini traveler bisa melihat lebih dekat kehidupan asli suku Alor. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa berfoto dengan pakaian adat, senjata tradisional, dan alat musik khas Alor.

Pantai Ling'al, salah satu pantai paling cantik di Alor

Pantai Batu Putih menjadi tujuan kami berikutnya, berjarak sekitar 30 menit perjalanan dari Kalabahi, ibu kota Alor. Yang menarik dari pantai ini bukan pasir putih atau pemandangan bawah lautnya, tetapi batuan karang berwarna putih pada bagian tebing pantai.

Menjelang sore, kami menuju Pantai Sebanjar yang letaknya satu arah menuju Alor Kecil. Pantai ini ramai oleh wisatawan lokal, terutama sore hari untuk menikmati sunset. Di pantai ini juga terdapat beberapa gazebo dan homestay untuk wisatawan.

Jelajah Alor, Surga di Ujung Timur Nusa Tenggara | Breaktime
Pulau Kepa, pulau kecil dengan fasilitas penginapan bungalow di tepi pantai
Sejarah Pulau Wakatobi Menambah Keindahannya

Hari Kedua

Karena letak geografis Alor yang berupa pulau-pulau, kami pun menyewa perahu motor untuk island hopping. Spot pertama yang kami kunjungi adalah destinasi terjauh dari Pulau Kepa, yaitu Pantai Ling'al. Pantai yang landai memanjang dengan pasir putihnya yang  halus serta air laut yang jernih membuat kita betah berlama-lama berenang dan snorkeling di pantai ini.

Dari pantai Ling'al, saya menuju pulau Pura dan pulau Ternate yang terkenal dengan keindahan bawah lautnya, termasuk adanya bubu, jaring ikan khas Alor yang terbuat dari bambu dan diletakkan di dasar laut. Sebagai catatan, arus bawah di Alor sangat kuat, sehingga harus extra waspada dan hati-hati apabila melakukan aktivitas berenang atau snorkeling.

Free dive di Pulau Pura, salah satu spot terbaik di perairan Alor

Saat menyeberang di antara Pulau Pura dan Ternate, ratusan ekor lumba-lumba mengikuti perahu kami. Lumba-lumba jenis mulut runcing dan pendek ini beratraksi dengan bebasnya. Mereka berenang, melompat, dan berkejaran di sisi kanan dan kiri perahu seolah tidak takut dengan kehadiran manusia.

Hari Ketiga

Setelah seharian penuh keliling pulau-pulau di Alor, hari ketiga saya gunakan untuk bersantai di sekitar cottage di Pulau Kepa. Pulau kecil ini terkenal dengan perairan yang jernih dan terumbu karang yang begitu banyak di sekitar pantai. Jadi tanpa perlu ke tengah pun kita bisa berenang dan snorkeling menikmati keindahan bawah laut Pulau Kepa.

Pemandangan air laut dan terumbu karang di Pulau Ternate
Liburan Ke Rote, Kunjungi 10 Destinasi Cantik Ini

Menuju Alor

Cara paling mudah dan cepat menuju Alor adalah dengan pesawat terbang. Dari kota manapun di Indonesia, kita mesti transit dulu di Kupang. Ada empat penerbangan dari Kupang ke Alor setiap hari dengan maskapai Wings Air dan Nam Air (Trans Nusa). Penerbangan Kupang ke Alor ditempuh dalam waktu kurang lebih 45 menit.

Alor bisa masuk list Anda untuk liburan di akhir tahun ini. B’timers akan mendapatkan suasana yang tak terlalu ramai saat tahun baru. Tertarik?