Isen Mulang, Pawai Meriah Adat Kalimantan Tengah | Breaktime
Isen Mulang, Pawai Meriah Adat Kalimantan Tengah
29.07.2016

Indonesia tidak hanya populer dengan destinasi wisatanya, tetapi juga kebudayaan di setiap daerah yang memiliki ciri khasnya sendiri. Provinsi Kalimantan Tengah memiliki satu budaya yang menarik yang diadakan setiap tahunnya, yaitu Isen Mulang. Festival ini diadakan di Kota Palangkaraya, yang merupakan ibukota Provinsi Kalimantan Tengah.

Isen Mulang adalah sebuah festival tahunan yang diadakan di kota Palangkaraya, mempresentasikan seni budaya tradisional Suku Dayak yang dikemas dalam bentuk karnaval, dan sebagai akulturasi budaya antar masyarakatnya dengan masyarakat pendatang.

Isen Mulang sendiri dalam bahasa setempat memiliki arti “pantang mundur“. Penonton yang merupakan masyarakat Palangkaraya sendiri atau bahkan berasal dari berbagai daerah di Kalimantan, disuguhkan berbagai pertunjukkan di sepanjang ruas jalan. Pertunjukkan tersebut antara lain, tari-tarian khas Suku Dayak, pakaian adat sub-etnis dengan aksen kulit kayu, dan hiasan kepala yang dihiasi dengan ukiran macam-macam burung endemik, serta terdapat bulu-bulu.

Isen Mulang, Pawai Meriah Adat Kalimantan Tengah | Breaktime
Festival Isen Mulang, Palangkaraya, Kalimantan Tengah

Suasana festival Isen Mulang selalu terasa meriah. Pertunjukkan yang disuguhkan oleh pesertanya semakin menarik tiap tahunnya, namun tetap sesuai dengan tema kebudayaan Kalimantan Tengah. Selain itu, di sekitar ruas jalan juga diramaikan oleh pedagang makanan dan minuman.

Setiap peserta festival berlomba-lomba untuk memberikan pertunjukkan terbaik mereka, karena pemerintah kota Palangkaraya memberikan hadiah untuk pemenang yang terpilih.

Festival ini disaksikan pula oleh Gubernur Kalimantan Tengah. Panitia acara menyiapkan sebuah panggung sebagai tempat gubernur dan para tamu undangan untuk melihat dan menilai pertunjukkan yang disuguhkan oleh para peserta pawai budaya tersebut.

Indonesia memang sangat indah dengan kebudayaan yang dimiliki setiap daerahnya ya, B’timers! (vpd)

Share This Article