Intip Chinatown Terbaik Dunia, Yuk! Di Mana Saja?
Intip Chinatown Terbaik Dunia, Yuk! Di Mana Saja?
10.03.2016

Chinatown atau Pecinan di setiap negara memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing yang tak boleh terlewatkan. Diantara beragam keunikan dan ciri khas ini, Chinatown selalu menjunjung erat budaya Tiongkok dengan sangat baik. Lantas, mana sajakah Chinatown terbaik di dunia?

San Fransisco, Amerika Serikat

Uniknya Pecinan San Fransisco
Uniknya Pecinan San Fransisco

Pecinan di San Fransisco banyak ditinggali oleh masyarakat Cina-Amerika dengan jumlah penduduk yang cukup banyak. Keunikan dari Chinatown di negara ini adalah adanya bahasa dan tulisan bilingual di sepanjang jalan Grant Avenue. Salah satu wisata budaya paling eksentrik di Chinatown ini adalah ghost tours yang menawarkan perkenalan dengan bagian supernatural Chinatown.

Melbourne, Australia

Pertunjukan Millennium Dai Loong Dragon
Pertunjukan Millennium Dai Loong Dragon

Chinatown yang ada di Melbourne ini dipenuhi oleh penduduk asal Provinsi Quandong yang telah menduduki New South Wales sejak pertengahan 1850-an. Salah satu wisata menarik dari tempat ini adalah pertunjukan Millennium Dai Loong Dragon yang diselenggarakan dalam Dragon Awakening Ceremony dan melibatkan 200 orang pembawa naga. Tak hanya itu, tempat ini juga memiliki museum khusus yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Amsterdam, Belanda

He Hua Temple yang terkenal
He Hua Temple yang terkenal

Salah satu pusat agama Buddha terbesar di seluruh Eropa, bisa Anda temukan di Zeedijk Street, Belanda. Disebut dengan He Hua Temple, pusat keagamaan ini memiliki dinding berwarna cerah dengan hiasan huruf emas yang berasal dari kitab suci Tiga Keranjang. Di Chinatown ini Anda juga dapat menemukan Nieuwmarkt Square yang menjadi tempat berkumpul penduduk dan pengunjung untuk menikmati tarian naga dan hiruk pikuk petasan a la Tiongkok.

London, Inggris

Tata Kota Inda Chinatown di London
Tata Kota Inda Chinatown di London

Anda mungkin akan meremehkannya karena lokasinya yang cukup kecil dan terjepit diantara Leicester Square dan teater megah Shaftesbury Aveneu. Namun, ketika Tahun Baru Cina tiba, perayaan di Chinatown ini bisa dikatakan sebagai yang terbesar dan membanggakan di luar Asia. Ratusan ribu orang akan berbondong-bondong ke jalan dengan membawa lentera atau naga kertas dan menghabiskan waktu dengan menari hingga matahari terbit. Sangat menakjubkan, bukan?

Paris, Prancis

Perpaduan budaya Cina dan romantisnya Paris
Perpaduan budaya Cina dan romantisnya Paris

Chinatown yang berdiri di ibukota Prancis ini terbilang cukup besar hingga mendapatkan sebutan Quartier Chinois. Sebenarnya, penduduk yang tinggal di tempat ini kebanyakan adalah masyarakat Asia yang melarikan diri dari benua asal mereka selama Perang Vietnam untuk melarikan diri. Kini, tempat tersebut semakin berkembang dan modern, serta menjadi salah satu tempat terbaik untuk menikmati masakan khas Tiongkok di Paris.

Selain negara-negara tersebut, Indonesia juga memiliki Chinatown alias Pecinan yang memiliki keunikan dan gayanya masing-masing. Jadi, sebelum keluar negeri, kunjungi dulu Pecinan di Indonesia, ya, B’timers! (dfr)

Share This Article