Intip Bagaimana Tradisi Minum Teh di Hongkong | Breaktime
Intip Bagaimana Tradisi Minum Teh di Hongkong
09.10.2016

Minum teh adalah salah satu kegiatan yang dapat menenangkan pikiran Anda. Di Hongkong, minum teh memiliki tradisinya sendiri. Tradisi minum teh di Hongkong disebut dengan Yum Cha. Tradisi ini ternyata merupakan salah satu budaya kuliner Hongkong dan beberapa negara lain seperti Cina, Jepang, dan Korea.

Masyarakat Hongkong menganggap bahwa secangkir teh panas adalah pelengkap yang sempurna untuk mencicipi hidangan atau ketika mereka sedang makan Dimsum. Meminum teh di Hongkong menjadi suatu hal yang unik. Teh mengandung wewangian yang lembut untuk meningkatkan gairah beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari.

Upacara minum teh

Di Hongkong, tradisi minum teh tidak hanya dilakukan dalam kehidupan sehari-hari, tetapi juga digunakan sebagai upacara penyambutan tamu. Teh yang digunakan untuk menyambut tamu biasanya disiapkan oleh seseorang yang telah memahami seni upacara minum teh tersebut.

Upacara minum teh dilakukan oleh sekelompok orang di sebuah ruangan khusus. Tuan rumah juga sangat bertanggung jawab dalam mempersiapkan suasana ruangan yang nyaman dan menyenangkan.

Intip Bagaimana Tradisi Minum Teh di Hongkong | Breaktime
Tradisi minum teh di Hongkong yang berseni tinggi

Teh yang disuguhkan bukan hanya dituang dengan air panas kemudian diseduh. Upacara minum teh di Hongkong merupakan suatu budaya yang memiliki nilai seni tinggi. Upacara minum teh ini mencerminkan kepribadian dan pengetahuan si tuan rumah.

Hal tersebut mencakup antara lain tentang tujuan hidup, cara berpikir, agama, apresiasi peralatan upacara minum teh, dan cara meletakkan benda-benda berseni di dalam ruangan minum teh tersebut.

Seni dan tradisi minum teh ini perlu dipelajari secara mendalam selama bertahun-tahun. Hal ini dilakukan agar pelaksanaan upacara berjalan sempurna dan upacara minum teh ini akan berlangsung seumur hidup saat sedang menyambut tamu. Para tamu yang diundang pun juga harus mengetahui tata karma, kebiasaan, basa-basi, etika minum teh, dan bagaimana menikmati hidangan pendamping lainnya.

Begitu ketatnya upacara minum teh di Hongkong. Namun, sepertinya sangat unik dan Anda harus mencobanya ketika berkunjung ke negara ini, B’timers. (vpd)

Share This Article