Ini Tempat Panjat Tebing Paling Ekstrem Di Dunia | Breaktime
Ini Tempat Panjat Tebing Paling Ekstrem Di Dunia
14.01.2017

Panjat tebing adalah salah satu olahraga yang terbilang ekstrim. Di beberapa negara terdapat lokasi panjat tebing yang bisa dibilang sangat ekstrim. Jenis olahraganya saja sudah cukup ngeri ya, B’timers. Bagaimana dengan lokasinya?

Nah, beberapa negara ini punya lokasi panjat tebing paling ekstrim di dunia. Tetapi, tempat-tempat ini bisa dibilang surganya para pecinta alam, B’timers. Penasaran kan, dengan tempat-tempat panjat tebing paling ekstrim di dunia? Langsung saja simak ulasannya berikut ini.

Diawali dengan menara granit setinggi 600 kaki atau sekitar 183 meter. City of Rocks National Reserve atau yang disebut dengan The Silent City ini terletak di Malta, Idaho perbatasan Utah sebelah utara. Tempat ini jadi salah satu paling favorit para pecinta olahraga yang memicu adrenalin.

Smith Rock, Oregon juga menjadi tantangan tersendiri bagi para pecinta panjat tebing. Letaknya yang berada di dataran tinggi digadang-gadang sebagai kiblat dari olahraga panjat tebing ini. Tebing terjal yang sudah terkenal di kalangan pemanjat internasional menjadi tantangan paling menarik untuk mereka.

Ini Tempat Panjat Tebing Paling Ekstrem Di Dunia | Breaktime
Smith Rock, Oregon

Selanjutnya adalah Zion National Park yang ada di Utah. Ini juga menjadi salah satu tujuan utama para climber yang berkunjung ke Utah. Tebing batu berpasir dengan ketinggian mencapai 609 meter membuat adrenalin para climber meningkat. Tanjakannya sangat sulit, jadi hanya disarankan untuk para pendaki yang berpengalaman. Suhu di sana saat musim panas bisa mencapai 212° Celcius.

Kalau tempat yang dianggap sebagai tempat kelahiran climbing without rope adalah Hueco Tanks di Texas. Tebingnya memiliki bentuk yang aneh, yaitu berupa cekungan dan medan unik berbentuk vertikal terbalik. Bisa Anda bayangkan jika climbing di tempat seperti ini kan?

Ini Tempat Panjat Tebing Paling Ekstrem Di Dunia | Breaktime
New River Gorge, West Virginia

New River Gorge yang berada di Virginia Barat adalah tujuan pendakian yang paling beragam di bagian Timur. Di sana Anda akan menemui ngarai yang terbentuk dari sungai. Itulah mengapa dinamakan New River. Di sana juga terdapat 1.400 rute sepanjang 60 mil. It’s not good for beginners.

Amerika mungkin jadi negara dengan lokasi panjat tebing ekstrim terbanyak. Hampir kebanyakan tebing-tebing tinggi dan curam berada di negara-negara bagian yang tersebar di Amerika Serikat. Ada lagi negara di Amerika yang punya lokasi panjat tebing paling ekstrem di dunia, yaitu California.

Negara ini punya tujuan favorit pada pemanjat tebing, yaitu Tuolumne Meadows. Ini menjadi tempat pendakian besar dengan bebatuan yang terjal. Untuk mendaki di sana, Anda harus punya otot besi tulang baja.

Ini Tempat Panjat Tebing Paling Ekstrem Di Dunia | Breaktime
Annapurna, Mount Tibet

Para pemanjat tebing internasional pasti sudah tak asing lagi dengan nama El Capitan. Tebing vertikal dengan tebing menjulang setinggi 304 meter adalah salah satu tebing yang paling ekstrim dan berbahaya untuk para climbers. Para pendaki berpengalaman saja harus menggunakan peralatan panjat tebing lengkap dan membutuhkan waktu empat sampai lima hari untuk sampai puncak. Mereka juga harus membangun tenda gantung di atas tebing untuk tidur atau sekedar istirahat.

Ada juga K2 yang merupakan gunung tertinggi kedua di dunia yang dianggap sebagai lokasi pendakian paling menantang. Bagaimana tidak, gunung ini punya permukaan yang curam yang dilapisi oleh es. Sangat rentan longsor dan legenda menyebutkan gunung ini dikutuk untuk para pendaki wanita.

Terakhir yang paling ekstrim dan berbahaya adalah Annapurna yang menjadi bagian dari pegunungan Tibet. Bagaimana tidak berbahaya, jika hanya ada 150 orang yang berani melakukan pendakian di sana dan 53 meninggal saat sedang mendaki. Ini juga menjadi lokasi panjat tebing dengan tingkat kematian tertinggi di dunia.

Bagaimana B’timers? Berani untuk mencoba melakukan panjat tebing di beberapa tempat tersebut? Mungkin Anda harus melakukan latihan selama bertahun-tahun. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE