Ini Sejarah Sebutan “Kota Tahu” untuk Kediri | Breaktime
Ini Sejarah Sebutan “Kota Tahu” untuk Kediri
18.08.2016

Kota Kediri adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur. Kota ini dikenal sebagai pusat perdagangan utama gula dan rokok terbesar di Indonesia. Pabrik rokok kretek Gudang Garam juga berdiri dan berkembang di kota ini. Selain menjadi pusat perdagangan utama gula dan rokok terbesar di Indonesia, Kota Kediri juga memiliki julukan sebagai kota Tahu.

Karena Kota Kediri memiliki julukan sebagai Kota Tahu, maka banyak sekali di sana penjual tahu, yang menjadi ciri khasnya adalah tahu kuning. Sampai-sampai di Kediri terdapat sebuah kompleks pusat oleh-oleh tahu kuning khas Kediri.

Julukan Kota Tahu untuk Kediri tidak hanya sekedar julukan karena banyak orang berjualan tahu. Kota Kediri sebagai Kota Tahu memiliki sejarahnya sendiri. Semua dimulai dari masuknya warga Cina ke Indonesia pada tahun 1900 yang lalu.

Ini Sejarah Sebutan “Kota Tahu” untuk Kediri | Breaktime
Tahu LYM khas Kota Kediri

Dari ribuan orang Cina yang datang ke Indonesia, beberapa di antaranya tersebar dan hidup di Kediri. Pada saat orang-orang Cina bermigrasi ke Kediri, masih belum terjadi pemisahan antara kota dan kabupaten.

Orang-orang Cina yang menjadi pelopor pembuatan tahu adalah Liem Ga Moy, Bah Kacung, dan Kaou Loung. Hingga sekarang, keturunan mereka masih memproduksi tahu kecuali Kaou Loung. Anak dari Liem Ga Moy mengisahkan tentang keputusan ayahnya membuat tahu di Kota Kediri.

Jadi, Liem Ga Moy memutuskan membuat tahu di Kediri karena melihat kondisi air di lokasi tempat mereka merantau memiliki kesamaan dengan di Cina. Memang jenis air untuk melakukan proses pembuatan tahu sangat berpengaruh.

Liem Ga Moy mulai membuat tahu pada tahun 1948. Hingga pada tahun 1950 usaha Lie mini mulai berkembang sangat pesat. Kualitas tahu yang bagus menjadikan usaha Liem dan kedua temannya semakin maju dan sukses. Tahu produksi Liem dan teman-temannya mulai dikenal oleh banyak orang hingga saat ini.

Jadi itu dia B’timers sejarah awal mula Kota Kediri disebut sebagai Kota Tahu. Apa Anda sudah pernah mencoba tahu asli Kota Kediri ini? Wajib dibeli jika Anda berkunjung ke Kota Kediri. (vpd)

Share This Article