Ini Orang Eropa Pertama Penjelajah Gunung Gede! | Breaktime
Ini Orang Eropa Pertama Penjelajah Gunung Gede!
05.06.2017

Sejak dulu ternyata Indonesia sudah dianugerahi alam yang menakjubkan. Mulai dari gunung, laut, danau, hingga air terjun. Baru sejak traveling menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat sekarang ini, semakin banyak alam di Indonesia yang dieksplorasi dan menjadi tempat wisata. Seperti Gunung Gede yang berada di bagian barat Pulau Jawa, yaitu Jawa Barat.

Kini Gunung Gede menjadi salah satu sasaran para pendaki untuk menyalurkan hobi mereka. Namun, jika ditelisik lagi ke masa lalu, ada satu orang pendaki yang pernah mendaki Gunung Gede. Siapa lagi kalau bukan sang pendiri Kebun Raya Bogor, Caspar Georg Karl Reinwardt pada 1819. Hal ini terbukti dari surat korespondensinya pada M. Van Marum di Haarlem, Belanda pada 1819. Reinwardt menyatakan bahwa dirinya menjejaki Gedeh setinggi 3000 meter. Ia juga mengatakan bahwa jejak letusan yang terakhir juga masih terlihat jelas kala itu.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kekuatan Gaib Menarik Soekarno Melahirkan Pancasila

Semenjak berita Reinwardt telah mendaki Gunung Gede, banyak peneliti abad-19 yang kemudian mengikuti jejaknya. Sebut saja Franz Wilhelm Junghuhn, Johannes Elias Teysmann, dan Melchior Treub.

Namun jangan sedih, ternyata Reinwardt bukanlah orang Eropa pertama yang menjelajahi lereng dan sampai di kawah Gunung Gede. Sejarah mencatat, seorang Inggris bersama dengan koleganya sukses menelusuri Gunung Gede. Rupanya ekspedisi tersebut dilakukan untuk mengukur perbedaan suhu kaki dan puncak gunung tersebut menggunakan termometer.

Yap, siapa lagi kalau bukan Thomas Stamford Raffles. Namanya begitu melekat di bumi pertiwi hingga saat ini. Ia adalah sosok ilmuwan dan juga Letnan Guberbur yang sempat bertakhta di Jawa pada 1811-1816. Ia adalah sosok pahlawan, perwira tangguh, dan pecinta eksotisme timut bagi bangsanya.

Hal ini dibuktikan dari data, laporan, dan korespondensi yang dikumpulkan oleh sang istri, Lady Sophia Raffles. Ia bahkan menerbitkan sebuah buku pada 1830 di London. Buku yang bertajuk Memoir of the Life and Public Servicers of Sir Thomas Stamford Raffles tersebut berisi tentang bagaimana pemerintah Jawa pada 1811-1816, pemerintah Bengkulu pada 1817-1824, dan sebagian adalah tinggalan korespondensi Raffles.

Ini Orang Eropa Pertama Penjelajah Gunung Gede! | Breaktime
Sir Thomas Stamford Raffles
Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tradisi Kebo-keboan Unik Suku Osing Banyuwangi

Arsip-arsip tersebut semakin menguatkan bahwa Raffles adalah orang Eropa pertama yang menjejaki puncak Gunung Gede. Terbukti dengan tulisannya yang berbunyi,

kami memiliki pandangan paling luas di puncak: - ruas-ruas jalan Batavia, dengan berbagai kapal barang, bahkan kita bisa membedakan kapal satu dengan lainnya.

Tulisan ini menggambarkan bagaimana pemandangan sisi utara dari Puncak Gunung Gede. Tak cukup itu, ia juga menggambarkan landscape di sisi selatan dengan menuliskan,

Wine Coops Bay (Pelabuhan Ratu) masih tampak jelas di sisi lain.

Ia juga terus melanjutkan kisahnya ketika berada di puncak Gunung Gede dengan ungkapan seperti ini,

“Sekeliling pulau ini terlihat jelas, dan kami bisa menyusuri pandangan ke pesisir paling selatan Sumatra dengan mata telanjang. Di arah timur kita bisa memandang Indramayu dan Bukit Cheribon yang menjulang tinggi.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
6 Peradaban Kuno Yang Tak Banyak Diketahui

Kekagumannya pada Gunung Gede begitu terpancar. Ia pun juga menuliskan kelakarnya pada sang kolega,

Saya pikir bisa dikatakan bahwa kami memiliki jangkauan hampir semua bagian dari pulau, yang oleh pemerintah sebelumnya tidak disebut Jawa.

Jika saat ini pemandangan tersebut sulit dilihat dari puncak Gunung Gede, tetap saja banyak pendaki yang jatuh cinta dengan gunung yang satu ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE