Ini, lho, Rahasia Setiap Bandara Ditutupi Karpet | Breaktime
Ini, lho, Rahasia Setiap Bandara Ditutupi Karpet
19.11.2017

Moda transportasi udara, belakangan ini memang semakin digemari oleh banyak orang. Selain hanya membutuhkan waktu tempuh yang sangat singkat untuk tiba di tujuan yang berjarak cukup jauh, kini kita tidak perlu mengeluarkan kocek terlalu dalam lagi untuk membeli tiket pesawat, B’timers. Terlebih dengan segala fasilitas yang ditawarkan, membuat pesawat menjadi pilihan terbaik untuk bepergian.

Nah, biasanya apa yang Anda bayangkan jika Anda berada di bandara atau pesawat, B’timers? Jika sebelumnya pertanyaan terbesar yang dimiliki oleh setiap penumpang pesawat sudah terjawab, yakni alasan kenapa setiap maskapai penerbangan harus memilih warna biru untuk kursi pesawat mereka, kali ini ada pertanyaan lain yang tak kalah bikin penasaran kebanyakan orang. Apakah itu?

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Tabir Kehidupan Anak Penambang Emas Di Timika

Jika Anda sering bepergian menggunakan pesawat terbang, tentu paling tidak sekali, Anda pernah mengeluhkan keberadaan karpet yang menutupi hampir seluruh lantai di bandara. Pasalnya, kenapa harus ditutupi dengan karpet, kan setiap penumpang ingin menjalankan barang bawaan mereka dengan lancar di lantai berpermukaan keras.

Ini, lho, Rahasia Setiap Bandara Ditutupi Karpet | Breaktime
Sebagian besar lantai di bandara ditutupi karpet. Kenapa?

Dan siapa yang menyangka jika ada alasan yang sangat logis dari penggunaan karpet di lantai bandara, lho, B’timers. Well, memang kita akan jauh lebih cepat melangkah di atas lantai keras. Terlebih dengan barang bawaan yang cukup berat, meskipun kita menggunakan koper beroda maupun dengan bantuan troly. Namun jangan salah, B’timers, lantai berkarpet tidak serta merta ditambahkan begitu saja, lho.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jejak Yang Hilang Wisata Sejarah Candi Majapahit

Dan ternyata karpet adalah salah satu dari begitu banyak cara yang dimiliki oleh setiap perusahaan penerbangan untuk mempengaruhi mood dan juga perilaku dari setiap penumpangnya, B’timers. Jika Anda mengira lantai bertekstur keras dan padat jauh lebih berhasil mempengaruhi mood Anda, tunggu dan baca alasan berikut ini.

Ini, lho, Rahasia Setiap Bandara Ditutupi Karpet | Breaktime
Tidak seluruhnya, bandara juga memiliki lantai tanpa karpet, kok

Menurut penjelasan yang dikeluarkan oleh MentalFloss, banyak bandara yang menutupi area gerbang dengan karpet. Penambahan elemen desain sederhana seperti ini ternyata dapat membantu menjaga para pelancong untuk merasa lebih rileks sebelum lepas landas, B’timers.

Alasannya adalah, karena karpet memberikan “perasaan lembut dan sekaligus nyaman, seperti yang biasanya Anda temukan di ruang tamu rumah Anda sendiri”, B’timers. Dengan demikian, bukan tanpa alasan, kan, bandara menutupi sebagian besar lantainya dengan karpet. Well, mungkin ini terdengar sebagai alasan yang terlalu dibuat-buat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Kisah Masa Lalu Candi Tertua Di Indonesia

Tetapi ketahuilah, karpet yang dipadukan dengan langit-langit yang lebih rendah, pencahayaan yang lebih alami dan tempat duduk yang nyaman, berguna untuk mendorong relaksasi di antara pelancong yang sangat mungkin merasakan tekanan dan stres yang cukup mengganggu, seperti yang dikemukakan oleh Fast Company, B’timers.

Hal itu belum sepenuhnya menjawab, mengapa? Karena ternyata ada kaitan penting di antara mood penumpang dengan pihak bandara. Bagi penumpang yang rileks, mereka cenderung menghabiskan sekitar 7 persen lebih banyak uang untuk membeli sesuatu di bandara dan sebanyak 10 persen di tempat bebas biaya.

Bahkan melampaui desain interior, lho, B’timers. Tak sedikit bandara yang menambahkan spa, ruang yoga dan terapi untuk anjing di beberapa terminal mereka. Hal ini juga bermaksud untuk memberikan ketenangan kepada calon penumpang mereka sebelum terbang.



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE