Humayun Tomb, “Taj Mahal Merah” di Ibukota India | Breaktime
Humayun Tomb, “Taj Mahal Merah” di Ibukota India
20.01.2017

Berkunjung ke India tapi hanya sempat mampir ke ibu kota negara, New Delhi? Jangan khawatir, B'timers masih bisa menikmati bangunan mirip Taj Mahal, yaitu Humayun Tomb (Makam Humayun).

Taj Mahal yang terletak di Agra merupakan landmark sekaligus simbol pariwisata Negeri Bollywood. Namun lokasinya yang terletak di Agra -sekitar enam jam perjalanan kereta dari New Delhi- membuat beberapa wisatawan tidak sempat berkunjung ke Taj Mahal.

Di New Delhi sendiri terdapat beberapa destinasi wisata sejarah dan budaya khas India, salah satunya Humayun Tomb. Makam megah ini dibangun oleh Istri Kaisar Mughal asal Persia, Hamida Banu Begam.

Humayun Tomb, “Taj Mahal Merah” di Ibukota India | Breaktime
Salah satu bangunan kuno di kawasan taman Humayun Tomb

Ribuan wisatawan domestik dan luar negeri berkunjung ke Humayun Tomb yang dibangun pada abad ke-15 ini. Makam ini dibangun empat belas tahun setelah kematian istrinya Raja Humayun dan diperlukan waktu delapan tahun untuk menyelesaikan pembangunannya.

Bangunan utama Makam Humayun dikelilingi oleh Taman Mughal yang rindang dan subur, kontras dengan suasana New Delhi yang begitu terik. Taman ini dibagi dalam empat bagian jalur. Sejumlah saluran air dibuat untuk air mancur di tengah taman melengkapi keindahan kompleks bangunan Makam Humayun.

Pada bagian dalam bangunan utama, B'timers akan menemukan berbagai fitur dan detail arsitektur yang membuat makam ini benar-benar indah. Terdapat Baradari (paviliun) dan hammam (kamar mandi) di dalam makam. Kubah utama makam ini dibuat dari marmer putih yang berkilau, dengan bangunan dinding-dinding utama terbuat dari batu pasir merah.

Humayun Tomb, “Taj Mahal Merah” di Ibukota India | Breaktime
Makam dengan bangunan megah ini terinspirasi arsitektur Persia

Tak hanya Raja Humayun yang dimakamkan di kompleks ini, tetapi juga istrinya, Hamida Banu Begum, putra Shah Jahan Dara Shikoh, sejumlah kerabat kerajaan, termasuk Bahadur Shah Zafar dan tiga pangeran Mughal, para penguasa India di masa kejayaan Kerajaan Mughal.

Destinasi sejarah ini buka setiap hari dari jam enam pagi sampai jam enam petang. Wisatawan juga bisa berkunjung ke Kuil Succi Nizam Al-Din Auliya yang masih berada di area komplek Makam Humayun.

Humayun Tomb, “Taj Mahal Merah” di Ibukota India | Breaktime
Humayun Tomb kerap disebut Taj Mahal Merah, destinasi wisata populer di New Delhi

Nilai sejarah yang tinggi dan keindahan bangunan Makam Humayun sepintas mengingatkan kita pada Taj Mahal. Tak heran bila bangunan ini kadang juga disebut sebagai Red Taj Mahal atau Taj Mahal Merah karena perbedaan warna utama pada dinding bangunan.

Makam Humayun yang juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO ini sangat layak dikunjungi apabila B'timers singgah di ibukota India, New Delhi. Tuk-tuk adalah alat transportasi paling mudah digunakan untuk menuju Humayun Tomb dari pusat kota New Delhi dengan tarif kurang lebih 50 rupee (sekitar Rp 10 ribu). (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE