Histori Gudeg Yu Djum Yogyakarta yang Melegenda | Breaktime
Histori Gudeg Yu Djum Yogyakarta yang Melegenda
01.06.2016

B’timers yang penggila wisata kuliner pasti tidak asing lagi dengan rumah makan Gudeg Yu Djum yang fenomenal dan melegenda di seluruh nusantara khususnya Yogyakarta. Gudeg Yu Djum adalah warung makan kuliner khas Jogja yang menyajikan gudeg, makanan ikonik dari Jogja yang disukai banyak orang itu.

Sudah ada sejak 60 tahun yang lalu

Warung Gudeg Yu Djum sendiri berdiri sejak  tahun 1950. Warung yang selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan mancanegara ini terletak di Jalan Wijilan Nomor 167 Selatan Plengkung, Wijilan, Yogyakarta. Memang, Jalan Wijilan terkenal sebagai pasarnya orang jualan gudeg sejak tahun 1942.

Benar, begitulah kenapa Gudeg Yu Djum menjadi salah satu kuliner legendaris di Yogyakarta. Tentu saja karena sudah berdiri sangat lama yaitu sejak 60 tahun yang lalu. Saat ini, usia Yu Djum sebagai pendiri warung gudeg ini telah mencapai 80 tahun. Yu Djum sendiri berjualan gudeg sejak usianya masih 17 tahun. Selain karena beridiri sejak puluhan tahun, apa sih yang membuat gudeg ini istimewa?

Histori Gudeg Yu Djum Yogyakarta yang Melegenda | Breaktime
Ada kemasan kendi dengan harga sekitar Rp 150 ribu

Jawabannya karena rasa. Mereka yang menyukai gudeg pasti tahu selera. Gudeg Yu Djum disajikan dengan krecek pedas, ayam dan telor bumbu gudeg, termasuk tahu dan tempe bacem yang semuanya memiliki cita rasa luar biasa. Gudeg Yu Djum dimasak dengan cara tradisional dan dengan bumbu pilihan yang menjadikan Gudeg Yu Djum memiliki rasa gurih dan manis yang pas sehingga tidak bikin eneg.

Intinya, yang membuat Gudeg Yu Djum tak pernah terkalahkan di tengah munculnya warung-warung gudeg baru adalah karena mereka mempertahankan kualitas rasanya. Gudeg Yu Djum seolah sudah memiliki rasa yang paten yang tak tersaingi. Wow!

Anda sendiri, sudah pernah mencoba Gudeg Yu Djum di Jalan Wijilan, belum? Jangan ngaku pernah ke Yogyakarta kalau belum mencicipi warung makan legendaris satu ini ya, B’timers! (nap)

Share This Article