Ngeri! Ada Tradisi Mistis Salai Jin di Ternate | Breaktime
Hiii, Ngeri! Ada Tradisi Mistis Salai Jin di Ternate
23.07.2016

Dari banyaknya budaya lokal yang ada di Indonesia, masih ada begitu banyak tradisi yang cukup misteri hingga saat ini, lho, B’timers. Selain menarik untuk dinikmati karena memiliki cerita unik di baliknya, ada juga yang sangat erat kaitannya dengan kepercayaan warga lokal. Dan yang ini sedikit mistis, B’timers. Namanya Tarian Salai Jin dari Ternate.

Ngeri! Ada Tradisi Mistis Salai Jin di Ternate | Breaktime
Tradisi unik untuk berkomunikasi dengan makhluk halus

Tradisi mistis Tarian Salai Jin dari Ternate

Sebuah kesenian asli dari Ternate ini sudah lama dikenal masyarakatnya, B’tiemrs. Dan seperti namanya, tradisi yang satu ini sangat erat kaitannya dengan hal berbau mistis, lho. Nah, karena memiliki sifat yang cukup mengerikan inilah, dikatakan tidak semua orang bisa memainkannya. Para penari Tarian Salai Jin harus memiliki keahlian khusus.

Hal ini dimaksudkan untuk menangkal serangan dari makhluk halus. Jika ada orang tanpa punya keahlian khusus dan dia menarikan tarian ini, biasanya akan kerasukan makhluk halus, B’timers. Tari Salai Jin ini sudah menjadi tradisi masyarakan lokal. Dan bukannya tanpa alasan, lho, mereka menciptakan tradisi yang cukup menyeramkan ini, lho.

Ngeri! Ada Tradisi Mistis Salai Jin di Ternate | Breaktime
Jumlahnya harus genap, B’timers

Arti dan cerita di balik tradisi Tari Salai Jin

Dan, sesuai dengan namanya, Tari Salai Jin ini digunakan sebagai sarana untuk manusia berkomunikasi dengan makhluk gaib. Semantara tujuan dari komunikasi tersebut lebih seringnya untuk meminta bantuan atas permasalahan yang mereka hadapi. Biasanya masalah yang mereka hadapi kebanyakan karena masalah penyakit yang diderita seorang anggota keluarga, B’timers.

Biasanya Tari Salai Jin dilakukan secara berkelompok. Dan tidak ada aturan yang melakukannya harus berpasangan. Tapi yang pasti adalah, jumlah penarinya haruslah genap. Ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Dengan kemenyan yang dibakar, para penari akan turun dengan gerakan mistis. Namun seiring dengan kemajuan zaman, aura mistis semakin berkurang.

Penasaran ingin menyaksikan langsung Tari Salai Jin di Ternate, B’timers? (NO)

Share This Article