Hiii, Danau Buatan ini Berubah Jadi Gurun, lho! | Breaktime
Hiii, Danau Buatan ini Berubah Jadi Gurun, lho!
25.05.2016

Rencana pejabat untuk membuatan danau di pinggiran Kota Zhengzhou berantakan. Terlihat tumpukan pasir di mana-mana. Dengan tinggi sekitar 10 meter dan luas empat kalinya lapangan sepak bola, gurun ini membuat para warga lokal tidak senang.

Pasir sebanyak itu dari mana?

Ide tersebut berawal karena keinginan pejabat setempat untuk membuat danau indah di pinggiran kota. Rencananya mereka akan menekan sumber air alami yang disebut Dragon Lake dan menghilangkan ratusan ribu ton pasir yang ada di sekitarnya. Namun, sayangnya rencana mereka gagal. Sumber air bawah tanah mengering, mengakibatkan semua pasir mulai menyebar.

Sun-Yat Foo, seorang kritikus alam mengatakan, rencana menjadikan lingkungan hijau berubah jadi bencana ekologis. Dragon Lake kini dikelilingi oleh bukit pasir raksasa. Dampak negatif terhadap lingkungan tidak berhenti di situ, B’timers. Karena tumpukan pasir yang menjulang, mengakibatkan vegetasi dan tumbuhan di area tersebut mati.

Hiii, Danau Buatan ini Berubah Jadi Gurun, lho! | Breaktime
Tumpukan pasir mengubah danau buatan menjadi gurun

And, there is the desert in town!

Tak hanya itu, B’timers. Pasir yang ada juga ikut terbawa angin ke pusat kota ketika cuaca panas dan berangin. Hal ini dapat merusak kendaraan bermotor dan memaksa penduduk untuk mengenakan masker setiap kali keluar rumah. Bahkan dikatakan, mereka cukup kesulitan untuk membuka mata ketika angin datang menyebarkan butiran pasir tersebut.

Well, dengan lingkungan yang berubah menjadi seperti di gurun pasir, tentu tidak aka nada orang yang berani beraktivitas di luar ruangan. Untuk membuka puntu saja, mereka merasa malas. Dan meskipun pihak berwenang akan melakukan sesuatu untuk menangani bencana lingkungan tersebut, dengan ukuran bukit pasir itu, mungkin akan membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Hmm, bagaimana menurut Anda, B’timers? Sedikit menakutkan sih, ketika dalam waktu sekejab air tanah bisa mengering dan pasir di dasar danau meluap. Sepertinya alam mulai berbicara, ya? (NO)

Share This Article