Hey, Inilah Sejarah Asal Usul Nama Pulau Lombok! | Breaktime
Hey, Inilah Sejarah Asal Usul Nama Pulau Lombok!
20.09.2016

Well, keindahan serta pesona Pulau Lombok memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Menjadi destinasi terfavorit wisatawan, selain Pulau Bali, Anda juga akan mendapatkan pantai serta spot lain yang sangat penuh daya tarik, B’timers. Eits, tapi sudahkah Anda tahu, apa sejarah dan asal usul di balik nama Pulau Lombok yang begitu menawan ini? Simak sejarahnya di sini, yuk, B’timers!

Hey, Inilah Sejarah Asal Usul Nama Pulau Lombok! | Breaktime
Pantai di Lombok tak kalah cantiknya dengan Bali

Sejarah di balik asal usul nama Pulau Lombok

Dengan jumlah penduduk yang jauh lebih banyak dari tetangganya, Pulau Sumbawa, dikarenakan Pulau Lombok memiliki tanah yang jauh lebih subur, B’timers.  Nah, kata “Lombok” dari Pulau Lombok berasal dari Bahasa Sasak, yaitu “lombo” yang memiliki arti lurus. Dan banyak orang yang salah mengartikannya berasal dari kata “lombok” dari Bahasa Jawa, yang berarti “pedas”.

Nama Lombok yang tersimpan dalam berbagai cerita lisan maupun tertulis menyebutkan nama lain dari Pulau Lombok, yaitu Pulau Meneng yang berarti sepi. Tapi ada juga yang menyebutnya Gumi Sasak atau Gumi Selaparang. Ini sesuai dengan nama salah satu kerajaan terkenal yang berdiri di Pulau Lombok di masa itu, B’timers.

Hey, Inilah Sejarah Asal Usul Nama Pulau Lombok! | Breaktime
Ternyata lombok bukan berasal dari kata cabai, lho

Cerita rakyat tentang sejarah dari Pulau Lombok

Nah, dari legenda kuno yang dikenal masyarakat Sasak, diceritakan bahwa ketika zaman pemerintahan Kerajaan Mataram Lama di Jawa Tengah, yang dipimpin oleh raja wanita, yaitu Pramudawardhani yang menikah dengan Rakai Pikatan. Sang raja adalah ahli pemerintahan, sementara sang suami adalah ahli peperangan. Kekuasaan kerajaan mereka meluas hingga Sumatera dan Flores.

Dan ketika itulah, banyak rakyat Mataram yang berlayar ke arah timur melalui Laut Jawa menggunakan perahu bercadik. Namun tujuan pastinya tidak diketahui. Mereka berlayar lurus ke timur dan mendarat di sebuah pelabuhan. Oleh mereka pelabuhan tersebut pun diberikan nama, Lombo yang berarti lurus. Hal ini untuk mengenang perjalanan laut mereka yang cukup panjang dan lurus.

Nah, itulah sejarah dari asal muasal nama Pulau Lombok, B’timers. So, tidak keliru lagi menyebutkannya sebagai Pulau Cabai, kan? (NO)

Share This Article