Henan Jadi Saksi Perdaban China Kuno | Breaktime
Henan Jadi Saksi Perdaban China Kuno
06.04.2017

Luasnya daratan China membuat banyak sekali destinasi yang menarik untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Henan yang terletak di bagian tengah daratan China. Menurut catatan sejarah, Henan adalah tempat dimana peradaban China dimulai. Ini karena Henan memiliki posisi yang strategis. Selain letaknya yang berada di tengah, Henan juga dikelilingi dengan Sungai Kuning.

Lebih dari 200 kaisar memerintah China dan 20 dinasti kekaisaran China memerintah wilayah ini. Bukti peradaban China juga bisa dilihat di kota Louyang, Anyang, Kaifeng, dan Zhengzhou. Henan juga memiliki Gunung Songshan yang termasuk satu dari lima pegunungan suci di China. Di sanalah kuil Shaolin yang merupakan asal semua seni bela diri ada.

Henan Jadi Saksi Perdaban China Kuno | Breaktime
Millennium City Park

Baca juga : NAPAK TILAS RAJASTHAN, KOTA DI PERBATASAN INDIA

Tak cukup hanya itu, budaya dan sejarah Henan juga bisa dilihat di Millennium City Park. Letaknya berada di bagian barat Danau Dragon Pavilion. Ini adalah sebuah taman budaya yang dibuat berdasarkan lukisan abad 12 bernama The Qingming by the Riverside oleh Zhang Zeduan.

Lukisan tersebut menggambarkan kehidupan sekitas sungai Bian selama Festival Qingming. Lukisan tersebut dibuat dengan detail mengagumkan. Terdapat sejumlah orang dengan pakaian kontemporer yang menunjukkan status sosial. Lukisan tersebut menggambarkan zaman kerajaan Dinasti Song (960-1279).

Selanjutnya adalah Longman Grottoes yang memiliki 100.000 patung batu. Saking banyaknya prasasti yang ada di sana, tempat ini juga disebut dengan Forest of Ancient Stelae atau hutan prasasti kuno. Letaknya berada di bagian selatan kota Luoyang, tepatnya di antara Gunung Xiang dan Gunung Longmen.

Henan Jadi Saksi Perdaban China Kuno | Breaktime
Shaolin Temple

Baca juga : 5 HAL YANG HANYA BISA DILIHAT SEKALI SEUMUR HIDUP

Gua ini dibangun sekitar tahun 493 di masa Kaisar Xiaowen dari Dinasti Wei Utara (38-534). Memiliki lokasi sepanjang 1000 meter dari utara hingga selatan. Terdiri dari 2300 lubang dan celah, 2800 stele, 40 dagoba, 1300 gua, dan 100.000 patung.

Kalau tempat yang paling terkenal di dunia adalah Shaolin Temple. Ini terletak di Henan, tepatnya di Gunung Songshan. Kuil Shaolin adalah tempat lahirnya ajaran Buddha Zen China dan seni bela diri Shaolin. Di sana Anda bisa melihat bunga-bunga liar, pinus, burung-burung, dan suara gemericik air. Kuil Shaolin menawarkan berbagai hiburan antara lain Aula Raja Langit (Tianwangdian), Aula Mahavira (Daxiongbaodian), Hutan Pagoda, Gua Dharma, dan Pusat Pelatihan Bela Diri.

Kalau di Indonesi, setiap kali liburan sekolah anak-anak akan dibawa ke pondok pesantren. Sedangkan di Henan, anak-anak akan menikmati liburan sekolahnya di Kuil Shaolin untuk belajar bela diri dan belajar tentang hidup.

Henan Jadi Saksi Perdaban China Kuno | Breaktime
Patung Kaisar Kuning (Google)

Baca juga : RITUAL SEBA: TRADISI SUKU BADUY YANG BERTAHAN

Satu hal lagi yang sangat kental di Henan adalah Patung Kaisar Yellow yang ada di Sungai Kuning. Patung setinggi 380 meter dengan dua wajah kaisar awal China yaitu Yan Di dan Huang Di menjadi kebanggaan tersendiri bagi warga Henan. Percayalah, pembuatannya memakan waktu selama 20 tahun dan baru selesai di tahun 2007 silam.

Rupanya bukan hanya Patung Kaisar Yellow yang mewarnai area Sungai Kuning, ada juga lokasi budaya Yangshao, tempat kelahiran nenek moyang Kaisar Kuning, dan makam Fuxi. Itu semua jadi bukti bahwa Henan adalah salah satu provinsi di China yang kaya akan budaya dan sejarah kuno peradaban China. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE