Gawai Dayak Festival Budaya Tunggal di Pontianak | Breaktime
Gawai Dayak, Festival Budaya Tunggal di Pontianak
27.08.2016

Festival budaya memang sudah sejak lama dijadikan sebagai undangan wisatawan untuk mengunjungi suatu kota. Jika mendengar kata Pontianak, apa yang akan langsung terlintas di benak Anda, B’timers? Pernah tahu Gawai Dayak, tidak, nih? Inilah satu-satunya festival budaya Dayak yang dilaksanakan rutin setiap tahunnya di Pontianak. Intip seperti apa keunikannya, yuk, B’timers!

Gawai Dayak Festival Budaya Tunggal di Pontianak | Breaktime
Gagah nian prajurit Suku Dayak ini

Tata peraturan di dalam acara Gawai Dayak

Well, sebenarnya Gawai Dayak bukanlah merupakan peristiwa budaya murni tradisional, sih. Pada tahun 1986 adalah pertama kalinya digelar acara kesenian Dayak sebagai perwujudan rasa syukur atas panen yang berlimpah. Sata itu acara ini hanya terbatas pada pembacaan doa atau mantra saja, B’timers. Dan acara diakhiri dengan saling berkunjung dengan membawa suguhan.

Gawai Dayak sebagai upacara adat yang unik

Sekarang pagelaran upacara adat Suku Dayak ini semakin meriah, B’timers. Wisatawan akan disuguhkan dengan budaya Suku Dayak, upacara adat, pameran kerajinan rakyat serta yang paling menyenangkan dan wajib ada, yaitu wisata kuliner. Tak ketinggalan di acara Gawai Dayak, Anda juga bisa menyaksikan aneka permainan rakyat khasnya Suku Dayak, seperti menyumpit dan panka gasing.

Gawai Dayak Festival Budaya Tunggal di Pontianak | Breaktime
Salah satu atraksi suguhan Suku Dayak

Keunikan dari Gawai Dayak sejak pertama

Jika melihat keberadaan Gawai Dayak, Anda pasti akan turut menyadari betapa besarnya semangat para masyarakat untuk mempertahankan budayanya yang terbilang unik ini. Dan jika mengingat sekitar tahun 1980-an, bahwa jumlah Suku Dayak di Pontianak ini sangat sedikit. Selain itu, meskipun telah digelar dari pertengahan tahun 1986, Gawai Dayak justru semakin berkembang dan populer.

Dan selain dari keindahan alam yang ditawarkan Kota Pontianak, Anda juga bisa menyaksikan satu acara budaya tunggal milik Suku Dayak di Pontianak yang hingga kini masih bertahan. Nah, jika B’timers belum pernah menyaksikan langsung, Gawai Dayak bisa jadi alasan untuk berlibur ke Pontianak, nih. (NO)

Share This Article