Finding Nemo: Sepuluh Fakta Unik Clownfish Yang Belum Kamu Ketahui | Breaktime
Finding Nemo: Sepuluh Fakta Unik Clownfish Yang Belum Kamu Ketahui
02.10.2015

Clownfish atau sering disebut sebagai ikan "Nemo" merupakan jenis ikan terumbu karang paling terkenal. Bentuknya yang lucu dan warnanya yang terang menjadikan ikan ini favorit para diver atau snorkeler.
 
Clownfish yang disebut Nemo sebenarnya merujuk pada kesuksesan film animasi “Finding Nemo” pada tahun 2003 lalu. Ikan ini merupakan jenis paling populer di antara jutaan jenis ikan yang hidup di perairan planet bumi.

Meski begitu terkenal, masih sedikit di antara kita yang tahu lebih detail tentang ikan ini. Berikut beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang Clownfish.
 
 1. Clownfish memiliki hubungan simbiosis dengan anemon laut yang mana ikan ini membantu anemon dengan menghapus tentakel mati dan sirkulasi air untuk makanan dan tempat tinggalnya.
 
 2. Clownfish sebagian besar hidup di terumbu karang perairan tropis seperti di Laut Merah, Samudera Hindia, Pasifik, termasuk sebagian besar wilayah Indonesia dan Great Barrier Reef di Australia.
 
 3. Saat ini ada sekitar 28 spesies yang dikenal dari clownfish (alias anemonefish) yang masing-masing merupakan genus Amphiprioninae.

Finding Nemo: Sepuluh Fakta Unik Clownfish Yang Belum Kamu Ketahui | Breaktime
Clownfish alias Nemo merupakan jenis ikan paling populer di kalangan pecinta snorkeling

4. Clownfish memiliki berbagai jenis warna dan garis-garis, seperti oranye dan putih, merah marun dan putih, bahkan kuning dan putih.
 
 5. Clownfish berkembang biak dengan bertelur. Beberapa spesies ikan ini mampu menghasilkan ribuan telur dalam satu waktu. Biasanya betina akan bertelur saat bulan purnama.

Baca Juga : 6 FILM LAYAR LEBAR YANG PALING BANYAK DITUNGGU BULAN OKTOBER 2015
 
 6. Meskipun terlihat lucu dan menggemaskan, clownfish termasuk ikan yang penakut. Mereka biasanya langsung bersembunyi begitu ada benda atau makhluk lain yang dianggap mengancam.
 
 7. Clownfish jantan akan muncul sebagai pasangan betina ketika anak-anak ikan ini sudah menetas dan dewasa.

Finding Nemo: Sepuluh Fakta Unik Clownfish Yang Belum Kamu Ketahui | Breaktime
Clownfish dengan warna cenderung gelap di perairan Nusa Tenggara Barat

 8. Berkat lapisan pelindung lendir, clownfish tidak terpengaruh oleh sengatan mematikan anemon yang menjadi "rumah" mereka. Menyentuh clownfish bisa membuat pelindung ini hilang, karena itu sebaiknya kita tidak menyentuh ikan ini.
 
 9. Clownfish termasuk omnivora, yaitu pemakan daging dan tumbuhan. Kadang-kadang bahkan memakan anemon tentakel mereka sendiri.
 
 10. Beberapa clownfish ada yang dipelihara dalam akuarium dan bisa hidup selama tiga sampai lima tahun. Di alam bebas, clownfish bisa hidup sampai 10 tahun.

Apakah B’timers tertarik untuk melakukan snorkeling atau diving dan berjumpa langsung dengan ikan Nemo?

Share This Article