Festival Danau Sentani, Pesta Para Suku di Papua | Breaktime
Festival Danau Sentani, Pesta Para Suku di Papua
30.08.2016

Pernah mendengar tentang Festival Danau Sentani, B’timers? Tak hanya terkenal di kalangan wisatawan dalam negeri saja, lho. Festival tahunan yang diadakan di sekitar Danau Sentani, sudah menjadi festival tahunan dan masuk dalam kalender pariwisata utama, lho. Festival ini digelar selama lima hari berturut-turut setiap bulan Juni. Yuk, intip semenarik apa, sih, Festival Danau Sentani ini, B’timers!

Festival Danau Sentani, Pesta Para Suku di Papua | Breaktime
Para pemuda Papua membawakan tarian tradisionalnya

Tanah Papua dengan festival penuh legenda

Ya, Tanah Mutiara Hitam di Indonesia sebegal timur ini memang penuh dengan berbagai keindahan yang sangat mempesona. Dunia bawah lautnya yang ramah, ditambah begitu banyak cerita legenda seru yang dipenuhi dengan sejarah. Nah, salah satu titik di Papua yang memiliki tradisi unik adalah Danau Sentani, dengan Fertival Danau Sentaninya, B’timers.

Danau Sentan terletak di ketinggian 75 meter di atas permukaan laut, dengan panjang danau sekitar 30 meter. Di seluruh danau ada 22 pulau kecil yang tersebat. Jadi ceritanya dimulai ketika ada orang Papua Nugini yang menunggang naga. Mereka terdampar di wilayah ini. Sang penunggang berhasil selamat, walau naganya mati.

Wow, bagaimana mungkin Papua yang tidak tersentuh kebudayaan China, bisa mengenal naga, ya? Nah, ternyata pada zaman dahulu Sentani memiliki hiu dan barakuda, B’timers. Kesua hewan buas dari laut, datang dari laut dan mulai beradaptasi dengan air tawar yang ada di danau. Namun sayang, hiu Sentani terakhir ditemukan pada tahun 1990-an.

Festival Danau Sentani, Pesta Para Suku di Papua | Breaktime
Panggungnya berdiri di atas air, lho

Festival Danau Sentani berpanggung di atas air

Panggung untuk pertunjukan dalam festival ini ada di atas air. Ya, mereka menggunakan perahu sebagai panggungnya, B’timers. Para wisatawan akan disajikan dengan tarian masing-masing adat, tarian perang khas Papua, upacara adat hingga sajian berbagai kuliner khas Papua. Dan inilah satu bukti dari persatuan antar sesame suku yang ada di sekitar Danau Sentani.

Jangan lewatkan karnaval nusantara detiap Festival Danau Sentani, ya, B’timers? (NO)

Share This Article