Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tembok China | Breaktime
Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tembok China
13.03.2016

Siapa yang tidak mengenal salah satu bukti sejarah yang agung ini. Ya, Tembok Besar China merupakan salah satu bangunan tertua, terbesar dan paling terkenal yang menjadi karya kecerdasan manusia.

Dibangun sekitar 2000 tahun yang lalu oleh Kaisar China untuk melindungi serangan musuh yang merupakan bangsa asing, The Great Wall of China  ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang populer untuk mengunjungi China. Namun mungkin beberapa fakta unik mengenai Tembok Besar ini belum Anda ketahui, B’timers. Apa saja?

  • Bahan khusus untuk membangun tembok

Ketika membangun Tembok Besar, pada awal Dinasti Qin (221-207 BC) mereka menggunakan bahan khusus untuk menempelkan batu. Memang sebagian besar Tembok Besar China dibuat dari bahan bangunan pada umumnya, seperti tanah dan batu. Namun yang menarik, bahan khusus itu adalah beras ketan, B’timers! Hal tersebut oleh peneliti modern memberikan kekuatan dan daya tahan pada dinding hingga sekarang.

Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tembok China | Breaktime
Lebar Tembok China bisa dilalui mobil, lho!
  • Digunakan untuk menghukum para narapidana

Bisa Anda bayangkan bagaimana ekstremnya keadaan saat itu, di mana cuaca bisa sangat dingin atau panas. Bahkan, karena sulit dan berbahayanya proyek ini, Dinasti Qin sampai memerintahkan para narapidana untuk menyelesaikannya. Semua bentuk pelanggaran hukum, mulai dari pembunuhan hingga penggelapan pajak diberi hukuman untuk membangun dinding pertahanan ini. Bahkan diketahui sekitar 400.000 pekerja tewas ketika membangun.

  • Ribuan mil tembok asli telah hilang

Meskipun panjang Tembok Besar yang tercatat secara resmi saat ini adalah 5500 mil, ternyata itu hanyalah sebagian saja dari panjang keseluruhannya, B’timers. Dan diiperkirakan sekitar 1/3 bagian dari tembok tersebut tidak lagi berdiri. Yang lebih mengerikan, karena pelapukan alam dan perusakan yang dilakukan pengunjung, diperkirakan beberapa bagian tertentu dari salah satu keajaiban dunia ini akan lenyap pada 2040 nanti!

Fakta yang Perlu Diketahui Tentang Tembok China | Breaktime
Sayangnya warisan dunia ini diperkirakan akan hilang tergerus erosi
  • Kenyataan tentang penampakan dari luar angkasa

Bertentangan dengan kepercayaan yang muncul di masyarakat umum, yang mengatakan bahwa Tembok Besar China dapat dilihat dengan mata telanjang dari angkasa. Mungkin Anda juga salah satu yang mempercayai hal tersebut. Namun sayangnya tidak demikian, B’timers. Kemungkinan Anda hanya dapat melihatnya dari orbit rendah, seandainya saja sinar matahari dan cuaca mendukung. Jika tidak, bahkan dari bulan sekalipun Anda membutuhkan alat bantu.

  • The Great Wall memiliki banyak nama di seluruh dunia

Banyak yang menyebutnya dengan sebutan Tembok Besar China, atau The Great Wall of China. Julukan ini biasa digunakan oleh orang Amerika, Inggris, Perancis dan Jerman. Sementara negara barat lainnya hanya menggunakan The Chinese Wall saja. Sementara di China sendiri, tembok ini dikenal sebagai The 10.000-Li-Long Wall.  Dan seiring waktu, Tembok Besar mendapatkan  julukan The Purple Frontier serta The Earth Dragon.

Jika Anda berkunjung ke China, Tembok Besar adalah tempat yang harus didatangi. Anda bisa bebas berjalan di sana, bahkan bisa naik sepeda juga, lho B’timers! Dan usahakan untuk membawa serta persediaan air, karena cuaca di China bisa sangat hangat. (NO)

Share This Article