Fakta-fakta Unik tentang Tradisi Ngaben di Bali! | Breaktime
Fakta-fakta Unik tentang Tradisi Ngaben di Bali!
12.09.2016

Mungkin Anda sudah banyak yang mengetahui apa itu Tradisi Ngaben di Bali, kan, B’timers? Ya, Ngaben ini merupakan satu upacara umat Hindu, yang termasuk upacara Pitra Yadnya alias upacara untuk para leluhur. Secara etimologis Ngaben berasal dari kata api yang mendapatkan awalan nga- dan akhiran -an. Dan yang pasti ditampilkan dalam upacara Ngaben adalah api, B’timers. Nah, daripada penasaran, Anda simak saja beberapa fakta menarik dari Ngaben berikut ini, B’timers!

Fakta-fakta Unik tentang Tradisi Ngaben di Bali! | Breaktime
Tak akan ada keluarga yang menangis di sini

Besarnya dana yang dikeluarkan

Tahukah Anda, jika dalam sekali upacara Ngaben, biasanya masyarakat bisa menghabiskan dana sekitar 15 hingga 20 juta rupiah, lho. Karena upacara yang menjadi tradisi turun temurun ini selalu dilaksanakan dengan penuh semarak, B’timers. Tujuannya agar arwah leluhur tak mendapatkan hambatan.

Diawali dengan acara pemegat

Sebelum upacara Ngaben dilakukan, pada pagi hari, keluarga dan sanak saudara serta masyarakat yang ada di sekitar akan berkumpul dan mengadakan acara pemegat. Anda dapat menyaksikan bagaimana semua orang yang ada bersorak-sorak yang menandakan ikhlasnya atas meninggal sang leluhur.

Mayat akan ditempatkan di Bade

Menjelang dimulainya perjalanan menuju tempat kremasi, mayat akan ditempatkan di Bade untuk nanti diusung beramai-ramai ke kuburan atau tempat dilangsungkannya upacara Ngaben, B’timers. Selain tak ada isak tangis dari sanak keluarga, perjalanan ini akan diiringi dengan gamelan dan kidung suci.

Fakta-fakta Unik tentang Tradisi Ngaben di Bali! | Breaktime
Diputarnya Bade bukan tanpa maksud, lho

Bade diputar untuk satu maksud

Nah, dalam perjalanan menuju tempat peristirahatan terakhir, di setiap pertigaan atau di perempatan, Bade akan diputar sebanyak tiga kali, B’timers. Eits, tapi ini maksudnya bukan untuk menghibur sanak keluarga atau masyarakat yang ikut, lho. Melainkan untuk mencegah arwah mayat jadi penasaran.

Ikatan kuat keluarga dan mayat

Jika upacara Ngaben telah dilaksanakan hingga akhir, maka keluarga baru boleh dengan tenang berdoa di tempat suci dan pura masing-masing. Dari tradisi ini, bisa kita lihat betapa kuat ikatan antar anggota keluarga di Bali, B’timers. Mereka selalu mengingat dan menghormati leluhur dan orang tua.

Nah, sudah tahu fakta-fakta menarik dari Tradisi Ngaben di Bali, kan, B’timers? (NO)

Share This Article