Explore Takabonerate, Saingan Berat Laut Bunaken | Breaktime
Explore Takabonerate, Saingan Berat Laut Bunaken
09.02.2017

Takabonerate merupakan kawasan Taman Laut Nasional dengan kekayaan alam terumbu karang dan biota laut lainnya yang terletak di Kepulauan Selayar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Keindahan bawah laut dan pulau-pulau karang (atol) di Takabonerate memang menjadi daya tarik wisatawan domestik dan mancanegara. Kalau utara punya Bunaken, selatan juga punya surge bawah laut yang nggak kalah eksotisnya. Tapi, bagaimana cara menuju destinasi eksotik ini? Berikut beberapa alternatif rute yang bisa ditempuh B'timers menuju Takabonerate.

Untuk menuju Takabonerate, pertama-tama B'timers harus terbang ke ibukota Sulawesi Selatan, Makassar. Ada banyak penerbangan domestik menuju Makassar dari kota-kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Setelah tiba di Makassar, rute berikutnya adalah melakukan perjalanan ke Takabonerate. Ada dua jalur yang bisa dipilih, yaitu jalur udara dan jalur darat (yang dipadukan dengan jalur laut).

Explore Takabonerate, Saingan Berat Laut Bunaken | Breaktime
Bandara Hasanudin, lokasi transit sebelum menuju Takabonerate

Jalur Udara

Ambil rute penerbangan dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar menuju Selayar, yaitu Bandara H. Aeropala. Rute ini dilayani oleh maskapai Wings Air dengan lama penerbangan kurang lebih 45 menit. Dahulu, rute ini juga dilayani oleh maskapai Merpati Airlines dan maskapai perintis Aviastar.

Jalur Darat dan Laut

Rute pertama adalah dari Terminal Bis Malengkeri Makasar. Bis reguler menuju Benteng (Selayar) dari terminal ini berangkat sekitar pukul 8 pagi ke Pelabuhan Bira (Bulukumba) dengan lama perjalanan sekitar 5 jam -termasuk istirahat makan siang. Setiba di Bulukumba, perjalanan dilanjutkan dengan ferry menuju Selayar dengan lama penyeberangan sekitar 2 jam. Setiba di Pelabuhan Permata, kembali naik bis yang sama menuju kota Benteng dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Explore Takabonerate, Saingan Berat Laut Bunaken | Breaktime
Penyeberangan ferry menuju Takabonerate

Setelah tiba di Benteng, ada dua jalur yang bisa dipilih, yaitu jalur Benteng - Tinabo dan jalur Benteng - Jinato. Untuk jalur yang pertama, perjalanan darat dilakukan dari Benteng menuju Pelabuhan Patumbukan menggunakan sewa mobil dengan lama perjalanan sekitar satu jam.

Setelah tiba di pelabuhan, perjalanan menuju Pulau Tinabo dilakukan dengan perahu motor, lama penyeberangan sekitar 4 sampai 5 jam. Apabila ingin lebih cepat, gunakan speed boat dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.

Pada rute ini, wisatawan dapat menikmati wisata alam di sekitar perairan Pulau Tinabo, beberapa spot selam di Latondu, dan wisata budaya di Pulau Tarupa, Pulau Rajuni, dan Pulau Latondu.

Explore Takabonerate, Saingan Berat Laut Bunaken | Breaktime
Keindahan bawah laut Takabonerate

Bagaimana dengan jalur kedua? Perjalanan dari Benteng menuju Jinato juga melalui rute yang sama hingga tiba di pelabuhan. Kemudian dilanjutkan dengan perahu motor selama enam jam atau speed boat selama 3 jam.

Pada jalur ini traveler bisa menikmati panorama alam yang terdapat di Pulau Jinato, spot-spot selam di Pulau Lantigiang, dan wisata budaya di Pulau Jinato, Pulau Pasitallu Timur, dan Pulau Pasitallu Tengah.

Perjalanan panjang dan melelahkan akan terbayar begitu tiba dan menikmati keindahan bawah laut Takabonerate. Dari 21 pulau yang ada, Pulau Tinabo merupakan pilihan terbaik untuk menginap karena sudah tersedia fasilitas homestay. (za)



artikel kompilasi
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
PAPUA
TRAVEL GUIDE