Eksotisme Papua Nugini dalam Keragaman Budaya | Breaktime
Eksotisme Papua Nugini dalam Keragaman Budaya
15.10.2017

Memiliki nama resmi Independent State of Papua, Papua Nugini merupakan negara yang letaknya bersebelahan langsung dengan Indonesia, tepatnya berbagi Pulau Papua dengan Provinsi Papua, di negara Indonesia. Letaknya di sebelah barat daya Samudera Pasifik membuat Papuan Nugini tergolong ke dalam negara-negara Oceania. Latar belakang sejarah Papua Nugini terikat erat dengan mantan negara penjajahnya, Australia meski telah merdeka sejak tahun 1975. Hingga kini, Papua Nugini masih berada di bawah Negara persemakmuran dengan administrasi negara Inggris sebagai kepala pemerintahan tertinggi.

Sejauh ini, Papua Nugini masih bertahan sebagai salah satu negara yang paling jarang dieksplorasi. Karakter geografisnya yang sebagian besar didominasi pegunungan dan letaknya yang berada di perbatasan lempeng tektonik Indo-Australiana membuatnya sebagai negara yang menyimpan kekayaan alam dan keanekaragaman spesies yang menakjubkan. Sayangnya, kontur pegunungan itu jugalah yang membuat berbagai kawasan di Papua Nugini susah terhubung satu sama lain kecuali dengan perjalanan udara melalui bandara dengan fasilitas terbatas. Sebut saja ibukota Port Morresby yang tak terhubung dengan kota-kota besar dan pedesaan di sekitarnya melalui jalan darat.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Mengulik Uniknya Budaya Bekasi dari Bahasa Daerah

Letaknya yang relatif dekat dengan negara Australia serta secara administratif di bawah Negara Persemakmuran Inggris tak membuat Papua Nugini sering dikunjungi oleh wisatawan dunia. Hingga kini, eksotisme Papua Nugini masih menjadi misteri bagi para wisatawan yang gentar menginjakkan kaki ke pulau berbentuk burung ini, bahkan yang berjiwa petualang sekalipun. Sama halnya dengan negara tetangganya, Provinsi Papua di Indonesia, Papua Nugini merupakan surga bagi burung-burung tropis dan aneka tanaman eksotis yang tak semuanya sudah pernah dicatat dan diketahui spesiesnya.

Bagi warga negara lain, Papua Nugini selalu terlihat sebagai lost world, dunia prasejarah yang diselubungi kabut dan hutan hujan misterius dengan berbagai tanaman dan satwa beracun. Pernyataan tersebut tentunya tak sepenuhnya salah, karena memasuki hutan Papua Nugini seorang diri tanpa pengalaman apalagi pemandu lokal bisa jadi mempertaruhkan nyawa. Namun selain eksotisme alam, Papua Nugini juga menyimpan sejuta kekayaan budaya yang tak kalah seru untuk dieksplorasi dibandingkan dengan negara-negara tetangganya di Indonesia dan Oceania.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Berani Liburan di Pulau Mistis di Indonesia?

Negara yang namanya berasal dari negara Guinea di Afrika ini memiliki ribuan kelompok suku asli yang tinggalnya tersebar di seluruh kawasan Papua Nugini, utamanya di sekitar area pegunungan. Dari total populasi Papua Nugini, hanya sekitar 18 persen dari total 6 juta jiwa yang menghuni area perkotaan dan mengikuti sistem pemerintahan negara. Dari jumlah total penduduk yang terbilang sedikit itulah, Papua Nugini terbagi menjadi lebih dari 850 bahasa lokal dan suku asli yang jauh lebih banyak. Mayoritas penduduk Papua Nugini memang memilih mengikuti adat-istiadat dan tinggal di tanah ulayat warisan nenek moyang. 

Eksotisme Papua Nugini dalam Keragaman Budaya | Breaktime
Jernihnya lautan Pantai Vanimo, Papua Nugini

Keindahan panorama alam Papua Nugini memang sudah tak terbantahkan lagi. Selain sebagian besar area pegunungan dan hutan yang mencirikan negara tropis, Papua Nugini juga memiliki beberapa puncak gunung yang berselimut salju saking tingginya dari permukaan laut. Sepanjang garis pantai Papua Nugini juga dipenuhi pantai tropis yang sangat menyenangkan untuk dikunjungi, dengan ombak yang sempurna untuk berselancar. Belum lagi lembutnya pasir pantai dan aneka ragam spesies ikan dan koral yang memesona. Sayangnya, pariwisata di Papua Nugini hingga kini masih jauh dari stabil dan layak. Artinya, pesona alamnya juga tetaplah tak terjamah dan jarang mendapat perhatian khusus dari para wisatawan di negara-negara sekitarnya bahkan dunia.

Baca Juga Artikel :
Berita Terbaru
Jelajah Lima Kuil Bangkok Hanya Dalam Satu Hari

Apakah B’timers tertarik menyaksikan sendiri eksotisme alam dan budaya Papua Nugini? (dee)



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE