Dongnae Yaryu Jadi Wisata Budaya di Korea | Breaktime
Dongnae Yaryu Jadi Wisata Budaya di Korea
11.11.2016

dengan kata-kata tersebut. Yup, memang Dongnae Yaryu adalah sebuah kegiatan yang berasal dari Korea. B’timers yang termasuk penggemar Korea mungkin tahu. Untuk lebih jelasnya tentang Dongnae Yaryu, Breaktime telah memberikan ulasannya berikut ini.

Apa itu Dongnae Yaryu?

Dongnae Yaryu adalah sebuah tradisi adat Korea yang dilakukan dengan memainkan topeng. Acara tradisional Korea ini dilakukan pada malam hari ke-15 sesuai dengan kalender lunar. Tanggal tersebut merupakan tahun baru bagi masyarakat Korea.

Acara Dongnae Yaryu ini dilakukan tentu saja bukan tanpa tujuan. Dan tujuannya adalah sebagai sarana berdoa kepada Tuhan untuk kemakmuran pertanian, perdamaian, dan juga untuk bersenang-senang.

Dongnae Yaryu Jadi Wisata Budaya di Korea | Breaktime
Dongnae Yaryu adalah perayaan tahun baru Korea

Sebelum terjadi perang Cina – Jepang pada tahun 1937, tradisi ini memiliki empat bagian, yaitu mundung, yangban, youngno, dan halmiand young gam. Setelah itu, dua bagian menghilang tanpa sebab yang jelas. Dan saat ini, empat bagian tersebut kembali lengkap.

Bagaimana cara pelaksanaannya?

Setiap 3 atau 4 bulan pertama, orang-orang akan mengatur dan menyiapkan grup musik. Mereka juga akan meminta sumbangan dari setiap rumah warga Korea yang mereka kunjungi. Ketika hari festival Dongnae Yaryu ini tiba, semua warga Korea akan datang dan berkumpul di jembatan Busan.

Dongnae Yaryu Jadi Wisata Budaya di Korea | Breaktime
Permainan topeng dalam festival Dongnae Yaryu

Mereka akan melakukan parade kostum dan memainkan topeng. Mereka akan melakukan pawai dan menari-nari dengan menggunakan topeng dan baju adat Korea.

Sepertinya tradisi Dongnae Yaryu ini sangat meriah sekali ya B’timers. Anda bisa menyaksikannya juga jika berkunjung ke Korea. Namun, jika Anda datang tepat di tanggal pelaksanaan faestival ini. (vpd)



artikel kompilasi
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE
related img
icon maps
BORNEO
TRAVEL GUIDE