Chak Phra Festival, Menyambut Budha Dari Langit | Breaktime
Chak Phra Festival, Menyambut Budha Dari Langit
04.12.2016

Thailand tak hanya kaya akan dengan destinasi wisata unik dan menakjubkan. Thailand juga memiliki beraneka ragam kebudayaan dan kesenian tradisional. Ada satu kebudayaan Thailand yang menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Kebudayaan ini biasa dilaksanakan pada awal bulan lunar kesebelas. Masyarakat Thailand selatan atau lebih tepatnya orang-orang dari Surat Thani ini merayakan sebuah perayaan yang bernama Chak Phra Festival.

Apa itu Chak Phra Festival?

Chak Phra Festival sendiri merupakan acara keagamaan yang diadakan setiap tahunnya. Festival ini adalah kegiatan untuk merayakan akhir dari Buddha Prapaskah dan melambangkan kembalinya  Sang Buddha ke bumi setelah menghabiskan waktu selama tiga bulan di langit.

Acara ini ternyata membutuhkan waktu selama 9 hari 9 malam, lho B’timers! Kata Chak Phra sendiri berarti mengangkut gambar Buddha.

Chak Phra Festival, Menyambut Budha Dari Langit | Breaktime
Megahnya kendaraan Sang Buddha di Festival Chak Phra

Bagaimana pelaksanaannya?

Festival Chak Phra ini dilakukan dengan memamerkan kapal dan truk di sekitar kota dan sungai Tapi. Anda akan menyaksikan beberapa kapal tunda tarik dengan patung Buddha dan di atas rakit dihiasi dengan naga besar. Sementara itu, di bagian bawah perahu terdapat sebuah bantalan yang membuat kapal mengapung.

Ada juga bendera yang berwarna-warni dan payung yang ada di jalan-jalan. Kapal dan truk yang dihias sedemikian rupa itu konon dianggap dan dipercaya sebagai kendaraan Sang Buddha.

Pada hari yang sama, para biarawan menandai berakhirnya tiga bulan Buddha Prapaskah dan menerima hadiah selama upacara Kathin.

Selama festival, banyak dilakukan lomba-lomba. Salah satunya adalah lomba perahu tradisional yang mengikutsertakan beberapa provinsi di Thailand Selatan.

Seru sekali B’timers festival keagamaan tahunan yang ada di Thailand ini. Jika Anda beruntung, Anda bisa ikut menyaksikan acara ini, lho! (vpd) 



artikel kompilasi
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE
related img
LIVE
YOUR LIFE