Cerita Asal Mula Komodo si Dinosaurus Modern | Breaktime
Cerita Rakyat Asal Mula Komodo si Dinosaurus Modern
22.06.2016

Kita semua tahu, bahwa Komodo merupakan spesies kadal raksasa yang hanya ditemukan di Indonesia, di 4 pulau saja, yaitu Pulau Gili Montang, Pulau Padar, Pulau Rinca dan tentu Pulau Komodo. Dan hewan purba yang masih bertahan ini memiliki bakteri mematikan yang ada di air liurnya. Masyarakat setempat sangat dekat dengan dinosaurus modern, bahkan ada cerita rakyat yang berkembang di sana.

Cerita rakyat tentang asal mula komodo

Tak jarang kita bertanya, bagaimana asal-usul komodo ini. Jika memang komodo adalah keturunan hewan purba, mengapa hanya dia saja yang bertahan hingga saat ini? Selain itu, mengapa ukurannya tidak sebesar yang digambarkan oleh para ilmuwan tentang dinosaurus. Pertanyaan lainnya, mengapa mereka hanya ada di Indonesia saja? Hmm, bagaimana dengan cerita rakyat yang ada, ya?

Cerita Asal Mula Komodo si Dinosaurus Modern | Breaktime
Pertarungan antara komodo untuk memperebutkan kekuasaan

Legenda Putri Komodo di Indonesia Timur

Pada zaman dahulu kala, hiduplah seorang putri gaib di Pulau Komodo. Dia dikenal sebagai Putri Naga oleh masyarakat setempat. Sang putri menikah dengan seorang laki-laki bernama Majo dan melahirkan anak kembar, seorang bayi laki-laki dan seekor bayi naga. Keduanya akhirnya dibesarkan secara terpisah dan tak satupun yang mengenal saudara kembarnya tersebut.

Beberapa tahun kemudian, si Gerong, nama anak laki-laki Putri Naga pergi berburu di hutan. Dia berhasil membunuh seekor rusa. Tetapi ketika dia ingin mengambil hasil buruannya, datang seekor kadal besar dari semak belukar dan berusaha merampas rusa tersebut. Hampir saja si Gerong menombak kadal tersebut, jika Putri Naga tidak segera muncul untuk melerai keduanya.

Nah, terlepas dari cerita rakyat tersebut benar atau tidak, ada pula kepercayaan ada dua jenis komodo berdasarkan jumlah jari kaki, B’timers. Komodo berjari 5 adalah jenis komodo sejati yang ganas. Sementara komodo Orah yang ada di cerita tersebut memiliki jari 4. Menurut Anda bagaimana, B’timers? (NO)

Share This Article